Biaya Perawatan dan Jenis-jenis Kerusakan yang Sering Dialami Motor Listrik

Yowan R
Selasa 22 Agustus 2023, 19:14 WIB
Ilustrasi sepeda motor listrik (Sumber : Pinterest)

Ilustrasi sepeda motor listrik (Sumber : Pinterest)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor listrik sama seperti kendaraan konvensional lainnya yang menggunakan bahan bakar bensin yang membutuhkan perawatan berkala untuk menjaga kondisinya agar tetap optimal.

Jika pada sepeda motor konvensional, pada saat perawatan berkala pemeriksaan yang dilakukan pada bagian oli, kanvas rem, perawatan aki, penggantian filter udara, dan berbagai komponen lainnya.

Lalu, bagaimana dengan perawatan berkala yang dilakukan pada sepeda motor listrik dan apa saja kerusakan yang sering dialami sepeda motor listrik?

Perawatan berkala pada sepeda motor listrik ini dilakukan pada komponen utama seperti baterai, dinamo, dan kabel kelistrikan. Komponen tersebut menjadi pondasi utama dari performa sebuah motor listrik.

Sebagai informasi, sepeda motor listrik ini menggunakan dinamo sebagai sumber yang menghasilkan tenaga dan disalurkan menuju ke roda belakang. Karena itu, para pemilik sepeda motor listrik wajib melakukan pengecekan kondisi dinamo motor listriknya agar tetap dalam performa terbaiknya.

Untuk jenis kerusakan yang biasanya dialami sepeda motor listrik, kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini:

Jenis-jenis kerusakan sepeda motor listrik

Karena sepeda motor listrik ini menggunakan dinamo sebagai sumber penghasil tenaganya dan menggunakan baterai sebagai tempat penyedia arus listrik yang dibutuhkan agar dinamo dapat menghasilkan tenaga putaran, maka kerusakan yang dialami pada sepeda motor listrik ini dapat digolongkan menjadi dua jenis kerusakan.

1. Kerusakan sistem kelistrikan

Kerusakan sistem kelistrikan pada sepeda motor listrik ini dapat karena voltase atau tegangan listrik yang tidak seimbang. Hal ini mengakibatkan lilitan pada dinamo motor listrik menjadi terbakar. Kondisi tersebut juga bisa disebut sebagai overheat pada motor listrik.

Selain itu, kerusakan pada sistem kelistrikan sepeda motor listrik juga dapat dialami pada bagian baterai motor listrik. Baterai motor ini adalah sumber tenaga penggerak di motor listrik yang memiliki batasan waktu pakai. Waktu pakai dari baterai motor listrik ini biasanya berkisar 2 sampai 3 tahun, tergantung pemakaian. Jika baterai telah mencapai batas waktu pakai, maka baterai akan mengalami penurunan performa.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini