Bensin Juga Bisa Basi! Mari Mengenal Bensin Basi dari Ciri Hingga Penyebabnya yang Bisa Bikin Kendaraan Menjadi Lemot

Annisa Fadhilah
Rabu 23 Agustus 2023, 22:46 WIB
Bensin Juga Bisa Basi! Mari Mengenal Bensin Basi dari Ciri Hingga Penyebabnya yang Bisa Bikin Kendaraan Menjadi Lemot (FOTO: Yamaha)

Bensin Juga Bisa Basi! Mari Mengenal Bensin Basi dari Ciri Hingga Penyebabnya yang Bisa Bikin Kendaraan Menjadi Lemot (FOTO: Yamaha)

LABVIRAL.COM - Apakah bensin bisa basi? Salah satu perbedaan bensin basi dengan makanan atau minuman basi yaitu tidak ada ciri-ciri mencolok pada bensin yang basi.

Berarti, bensin basi tidak mengalami perubahan warna atau bau tertentu sebagaimana makanan atau minuman basi. Namun, bensin basi akan berdampak pada mesin serta performa kendaraan kamu.

Sederhananya, bensin basi adalah bahan bakar yang terlalu lama disimpan hingga melewati batas masa pakainya. Akibatnya, kualitasnya menurun seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Deretan Motor Matic Lawas yang Masih Memesona dan Jadi Incaran Kolektor

Ciri-ciri bensin basi

Kamu bisa mengecek apakah bensin menjadi bensin basi dengan melihat tampilan dan baunya secara cermat. Lalu, bagaimana ciri-ciri bensin basi?Berikut ciri-ciri bensin basi.

- Bau tidak normal

Ciri pertama adalah bau bensin yang tidak normal, seperti muncul bau asam atau bau tengik yang kuat. Biasanya, bau tengik lebih mudah diindikasikan sebagai bau basi.

Baca Juga: Saat Duet Fitra Eri dan Om Mobi Mengejek Hyundai Creta! Dibilang Salah Nama hingga Desain Muka Belakang Gak Nyambung

- Bensin menguap

Selain itu, bensin basi menguap lebih cepat daripada bensin baru. Jika bensin menguap sangat cepat saat ditinggalkan dalam wadah yang dibuka, bisa menjadi indikasi bensin sudah basi.

- Adanya penurunan kinerja mesin kendaraan

Kamu juga perlu memperhatikan adakah penurunan kinerja mesin kendaraan, karena penggunaan bensin basi ini. Kalau kamu ternyata menggunakan bensi basi, kemungkinan adanya penurunan akselerasi yang buruk atau mesin tidak stabil.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini