Bensin Juga Bisa Basi seperti Makanan! Ketahuilah Dampaknya pada Mesin dan Cara Mencegah Bensin Basi

Annisa Fadhilah
Kamis 24 Agustus 2023, 18:50 WIB
Bensin Juga Bisa Basi Seperti Makanan! Ketahuilah Dampaknya pada Mesin dan Cara Mencegah Bensin Basi (FOTO: Ilham Nur Ramadhan)

Bensin Juga Bisa Basi Seperti Makanan! Ketahuilah Dampaknya pada Mesin dan Cara Mencegah Bensin Basi (FOTO: Ilham Nur Ramadhan)

LABVIRAL.COM - Apakah bensin bisa basi? Bagaimana dampak dan cara mencegah bensin basi? Nah!

Salah satu perbedaan bensin basi dengan makanan atau minuman basi yaitu, tidak ada ciri-ciri yang mencolok pada bensin yang basi, berarti bensin basi tidak mengalami perubahan warna atau bau tertentu sebagaimana makanan atau minuman basi. Namun, bensin basi akan berdampak pada mesin serta performa kendaraan yang dipakai.

Sederhananya, bensin besi adalah bahan bakar yang terlalu lama disimpan hingga melewati batas masa pakainya. Akibatnya, kualitasnya menurun seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Apa Saja Materi Ujian Praktik SIM C yang Baru?

Ciri-ciri bensin basi

Kamu bisa mengecek apakah sebuah bensin menjadi bensin basi atau tidaknya dengan melihat tampilan dan baunya secara cermat. Lalu, bagaimana ciri-ciri bensin basi? Berikut ciri-ciri bensin basi.

1. Bau tidak normal

Ciri pertama adalah bau bensin yang tidak normal, seperti muncul bau asam atau bau tengik yang kuat. Biasanya, bau tengik lebih mudah diindikasi.

2. Bensin menguap

Selain itu, bensin basi menguap lebih cepat daripada bensin baru. Jika bensin menguap sangat cepat saat ditinggalkan dalam wadah yang dibuka, bisa menjadi indikasi bensin itu sudah basi.

Baca Juga: Deretan Kebiasaan Keliru Saat Memanaskan Motor

3. Adanya penurunan kinerja mesin kendaraan

Kamu juga perlu memperhatikan adakah penurunan kinerja mesin kendaraan, karena penggunaan bensin basi. Kalau kamu ternyata menggunakan bensi basi, kemungkinan adanya penurunan akselerasi yang buruk atau mesin tidak stabil sangat mungkin terjadi.

4. Membentuk kerak

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini