Lebih Bagus Velg Jari-Jari atau Racing? Ini Plus dan Minusnya

Yowan R
Kamis 07 September 2023, 20:46 WIB
Ilustrasi velg jari-jari dan velg racing sepeda motor (Sumber : Labviral.com)

Ilustrasi velg jari-jari dan velg racing sepeda motor (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor, umumnya menggunakan dua jenis velg, yaitu velg racing dan velg jari-jari. Hampir semua pabrikan sepeda motor pasti membekali dengan dua pilihan dua jenis velg tersebut.

Nah, dari kedua jenis velg yang biasanya digunakan pada sepeda motor ini, tentunya memiliki berbagai perbedaan, terutama dari performa, bentuk serta plus dan minusnya.

Jika berbicara lebih bagus mana antara velg model jari-jari dengan velg model racing ini, tentunya semua kembali dengan selera masing-masing. Namun, dari segi plus dan minusnya, kamu bisa simak selengkapnya penjelasan dari Labviral.com berikut ini:

Plus dan minus velg jari-jari dan velg racing

1. Durability

Dari segi daya tahan atau durability, velg jari-jari lebih baik daripada velg racing. Hal ini disebabkan karena konstruksi jari-jari lebih elastis daripada konstruksi velg racing yang kaku.

Karena elastis, membuat velg jari-jari lebih mampu meredam tumbukan. Karena itu motor trail selalu menggunakan velg jari-jari karena sering melewati jalanan yang tidak rata.

2. Handling

Dari segi handlingnya, velg racing justru lebih baik daripada velg jari-jari. Konstruksinya yang lebih kaku ini membuat area kaki-kaki sepeda motor menjadi lebih rigid. Saat digunakan untuk menikung kencang, sepeda motor yang menggunakan velg racing jadi lebih stabil. Karena itu, velg jenis racing ini lebih banyak digunakan untuk motor-motor balap.

3. Perawatan

Kemudian dari segi perawatannya, velg racing juga lebih mudah untuk dirawat atau dibersihkan. Sementara itu, untuk velg jari-jari justru lebih sulit dan lama untuk dibersihkan.

4. Desain

Plus minus selanjutnya antara velg racing dan velg jari-jari juga dapat dilihat dari segi desainnya. Jika dilihat dari desainnya, sudah pasti velg racing yang menang. Sebab, velg racing memiliki banyak variasi model yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengendara. Sedangkan jari-jari hanya punya desain sama yaitu jeruji melintang. Hanya saja, model jerujinya dapat dimodifikasi seperti di silang atau di pelintir.

5. Harga

Untuk harganya sendiri, antara velg jari-jari dan velg racing ini masih lebih mahal velg jari-jari. Jadi velg jari-jari ini lebih cocok bagi kamu yang ingin modifikasi motor dengan dana pas-pasan.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Tech

Balancing Velg Motor, Sepenting Apa Sih?

Selasa 28 Maret 2023, 01:42 WIB
Balancing Velg Motor, Sepenting Apa Sih?
Berita Terkini