Mengenal Langkah Pertolongan Pertama DRSABC untuk Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Annisa Fadhilah
Senin 18 September 2023, 21:00 WIB
Mengenal Langkah Pertolongan Pertama DRSABC untuk Korban Kecelakaan Lalu Lintas (FOTO: Freepik/rawpixel.com)

Mengenal Langkah Pertolongan Pertama DRSABC untuk Korban Kecelakaan Lalu Lintas (FOTO: Freepik/rawpixel.com)

LABVIRAL.COM - Memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan lalu lintas adalah suatu hal yang sangat penting. Meskipun bersifat darurat, tindakan pertolongan yang kamu lakukan dapat mencegah kondisi korban menjadi lebih parah.

Namun, penting untuk diingat bahwa pertolongan pada korban kecelakaan lalu lintas tidak boleh dilakukan sembarangan. Kesalahan dalam memberikan pertolongan dapat berisiko memperparah cedera.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara-cara yang tepat dan aman dalam memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga: Nggak Perlu Lagi Repot Bayar Pajak, Sekarang Bisa Bayar Pajak di Indomaret! Begini Syarat dan Caranya

Perlu diketahui, metode pertolongan pertama yang umum digunakan untuk korban kecelakaan lalu lintas adalah dengan mengikuti prinsip DRSABC, yang merupakan singkatan dari Danger, Response, Shout, Airway, Breathing, Compression.

Berikut Labviral.com berikan langkah-langkah pertolongan pertama untuk korban kecelakaan lalu lintas berdasarkan metode DRSABC:

D (Danger)

Pastikan terlebih dahulu bahwa kamu berada di lokasi yang aman dan tidak membahayakan. Misalnya, jika kecelakaan terjadi di tengah jalan yang ramai, upayakan untuk memindahkan korban ke tepi jalan. Pastikan juga bahwa kendaraan di sekitar sudah berhenti sebelum kamu memberikan pertolongan.

Jika posisi kendaraan kamu berada tepat di belakang kendaraan yang terlibat kecelakaan, atau jika ada kendaraan lain yang berhenti di belakangnya, mintalah untuk menyalakan lampu hazard. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya kecelakaan tambahan atau beruntun.

Baca Juga: Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online di Tahun 2023, Lebih Cepat dan Praktis!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini