Cara Netralkan Suhu Panas Kabin Mobil Setelah Parkir di Bawah Terik Matahari

Annisa Fadhilah
Sabtu 23 September 2023, 10:38 WIB
Cara Netralkan Suhu Panas Kabin Mobil Setelah Parkir di Bawah Terik Matahari (FOTO: Hyundai)

Cara Netralkan Suhu Panas Kabin Mobil Setelah Parkir di Bawah Terik Matahari (FOTO: Hyundai)

LABVIRAL.COM - Masyarakat Indonesia saat ini mengalami cuaca panas yang disertai dengan kurangnya curah hujan. Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga menunjukkan bahwa suhu rata-rata di Indonesia mengalami kenaikan sekitar 0,5 derajat Celsius dari kondisi normal.

Keadaan cuaca panas yang sedang melanda Indonesia ini bersama dengan masalah polusi udara yang menjadi perhatian, memengaruhi kebiasaan dalam berkendara terutama memarkir mobil di bawah terik matahari untuk jangka waktu yang cukup lama.

Ketika mobil berada dalam kondisi terparkir di bawah terik matahari, suhu luar akan berpengaruh terhadap suhu di dalam kabin mobil. Oleh karena itu, pada musim panas, suhu bagian dalam kabin mobil dapat menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan suhu di luar.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Yamaha MX King Terbaru yang Sudah Pakai Keyless dan ABS

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bagian kabin mobil dapat mencapai selisih suhu sekitar 30 derajat Celsius lebih panas dibandingkan dengan suhu eksternal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti warna gelap dari interior kabin, serta kaca mobil yang terpapar langsung sinar matahari.

Jika terpaksa harus memarkir mobil di lokasi terkena paparan sinar matahari secara langsung, pemilik mobil dapat mengambil beberapa tindakan agar suhu dalam kabin mobil segera kembali netral.

Berikut adalah beberapa cara dari Labviral.com agar suhu dalam kabin mobil segera kembali netral setelah parkir di bawah terik matahari, yang bisa dilakukan dengan mudah:

Menyalakan mesin terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyalakan mesin mobil. Pastikan bahwa transmisi mobil berada dalam posisi parkir atau netral.

Baca Juga: Keren Nih, Mahasiswa Unsoed Ciptakan Stiker Antiradiasi Motif Batik dari Lidah Mertua

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini