Tips Merawat Mobil Turbo ala Rifat Sungkar, Kamu Bisa Coba

Bonifasius Sedu Beribe
Kamis 23 Maret 2023, 11:51 WIB
Teknologi turbo kerap digunakan pada mesin mobil modern. Hal ini tentu dengan berbagai pertimbangan. Seperti untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, juga memaksimalkan tenaga pada mesin

Teknologi turbo kerap digunakan pada mesin mobil modern. Hal ini tentu dengan berbagai pertimbangan. Seperti untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, juga memaksimalkan tenaga pada mesin

LABVIRAL.COM, Teknologi turbo kerap digunakan pada mesin mobil modern. Hal ini tentu dengan berbagai pertimbangan. Seperti untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, juga memaksimalkan tenaga pada mesin. Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin mesin turbomu awet.

Pembalap Reli Indonesia, Rifat Sungkar mencoba untuk memberikan tips merawat mesin turbo saat menghadiri acara virtual bersama Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pekan lalu. Dalam acara tersebut, Rifat mengingatkan bahwa pemilik kendaraan wajib menaruh perhatian lebih terhadap tingkat kepanasan mesinnya.

Berikut tips untuk melakukan perawatan mobil bermesin turbo ala Rifat Sungkar:

1. Temperatur mesin jangan pernah di abaikan

Rifat mengatakan musuh utama mesin turbo adalah panas. Karena itu kamu harus ekstra memperhatikan temperatur mesin. Jangan paksakan mesin yang sudah panas bekerja lebih ekstra.

"Mobil turbo musuhnya cuma satu yaitu panas. Kalau mobil turbo dipakai jalan panjang, rileks dulu supaya temperatur normal," kata Rifat beberapa hari lalu.

Selain bisa menurunkan performa mesin, temperatur yang kelewat tinggi pada mesin juga akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi sangat boros.

Baca Juga: Jangan Sampai Mesin Mobil Menggelitik, Bersihkan Ruang Bakar Secara Mandiri

2. Merogoh kocek untuk biaya perbaikan

Rifat juga menyarankan pemilik mesin turbo untuk melakukan perawatan secara benar. Sebab salah perawatan bisa membuatmu harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya perbaikan.

"Biayanya bisa mahal (jika rusak). Maka usahakan suhunya diatur, gunakan coolant yang baik," katanya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini