5 Cara Mudah Perbaiki Aki Kering, Kuy Simak!

Andi Syafriadi
Sabtu 25 Maret 2023, 11:27 WIB
Illustrasi Aki (Sumber : Pixabay)

Illustrasi Aki (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM- Aki kering hingga kini masih menjadi pilihan banyak pengendara motor karena penggunaannya yang pratis dan mudah dirawat.

Pemeliharaannya pun begitu seerhana dan tidak ribet. Bahkan, ketika mengalami kerusakan secara mendadak, aki kering bisa tetap diperbaiki dengan cara yang mudah bahkan hampir setiap orang bisa melakukannya.

Aki kering yang sudah mati atau soak ternyata juga masih bisa digunakan kembali. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara memperbaiki aki kering meski telah mengalami masalah. 

1. Bersihkan

Langkah paling awal yang harus dikerjakan adalah pembersihan. Lepas aku dari motor dan bersihkan dengan lap atau kain setengah basah.

Baca Juga: Tips Ampuh Merawat Body Motor Supaya Awet dan Warna Tidak Mudah Pudar

Gunakan lap kering terlebih dahulu agar berbagai debunya hilang. Pastikan untuk juga membersihkan bagian penutup aki agar kebersihan aki menyeluruh. 

2. Masukkan cairan

Sebelum mulai menuangkan cairan aki atau zuur, pastikan untuk melepaskan lubang karet yang digunakan sebagai penutup.

Pastikan seluruh lubang karet tersebut tela terbuka, biasanya da 3 hingga 10 lubang karet. Selain itu, siapkan juga suntikan dan lap. Setelah itu isi suntikan dengan cairan tersebut dan suntikkan ke masing-masing lubang karet. 

3. Isi tegangan aki

Setelah cairan telah masuk, maka tutup kembali penutup aki dan seluruh lubang aki. Pastikan untuk mengecek berbagai lubang aki agar debu dan kotoran tidak masuk ke dalam dan juga pastikan seluruh komponen yang tadi dibongkar terpasang seluruhnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini