Bikin Panik, Ini 5 Alasan Mengapa Check Engine Menyala

Yusuf Tirtayasa
Senin 27 Maret 2023, 12:30 WIB
Ilustrasi check engine. (Sumber : Nissan)

Ilustrasi check engine. (Sumber : Nissan)

LabViral.com - Menyalanya Check Engine secara tiba-tiba menandakan ada masalah yang terjadi pada mobilmu. Namun tak perlu panik karena hal tersebut menandakan sensor yang membuat lampu Check Engine menyala masih berfungsi secara optimal agar permasalahan tak makin parah.

Apa saja sih yang membuat Check Engine menyala? Dilansir dari Nissan, berikut lima alasan mengapa lampu bersimbol mesin tersebut menyala

1. Mass Airflow Sensor

Mass airflow sensor berfungsi untuk menentukan jumlah bahan bakar yang harus digunakan berdasarkan udara yang masuk ke mesin mobil. Apabila rusak, mass airflow sensor dapat mengakibatkan peningkatan emisi bahan bakar sehingga sistem ekonomisnya bisa drop.

Mayoritas mass airflow sensor yang rusak disebabkan oleh pemasangan saringan udara yang kurang tepat atau tidak pernah diganti. Idealnya, kamu wajib mengganti saringan udara secara rutin selama setahun sekali. Kamu masih bisa menggunakan mobil hingga beberapa bulan meskipun mass airflow sensor rusak, tetapi bahan bakar akan lebih cepat habis.

2. Penutup Tangki Bahan Bakar Tidak Rapat

Kamu mungkin sering menganggap tidak penting penutup tangki bahan bakar. Padahal, jika mengalami kerusakan atau tidak tertutup sempurna, hal ini bisa menyebabkan penguapan bahan bakar dan membahayakan lingkungan sekitar.

Apabila indikator check engine menyala, tetapi kamu tidak merasakan ada yang salah pada mobil, bisa jadi penutup tangki bahan bakar inilah penyebabnya. Segera berhenti, menepi dan segera eratkan penutup tangki bahan bakar, dan cek apakah ada kebocoran yang terjadi.

Baca Juga: Agar Mesin Mobil Diesel Tetap Bertenaga, Gini Aja!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini