Serba-Serbi Inflasi: Penyebab, Penggolongan, Dampak Hingga Peranan Bank Sentral Sang Pengendali Inflasi?

Andi Syafriadi
Senin 03 Juli 2023, 16:27 WIB
Serba-Serbi Inflasi: Penyebab, Penggolongan, Dampak Hingga Peranan Bank Sentral sang Pengendali Inflasi?

Serba-Serbi Inflasi: Penyebab, Penggolongan, Dampak Hingga Peranan Bank Sentral sang Pengendali Inflasi?

LABVIRAL.COM - Inflasi merupakan suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus, kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas (atau mengakibatkan kenaikan harga) pada barang lainnya. 

Inflasi berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain: konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang.

Selain itu, ketidakstabilan ekonomi dan tingkat penjualan juga menimbulkan inflasi. Dengan kata lain, inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu.

Baca Juga: Suami Selingkuh, Selebgram Hanum Mega Gugat Cerai

Inflasi adalah proses dari suatu peristiwa, bukan tinggi-rendahnya tingkat harga. Artinya, tingkat harga yang dianggap tinggi belum tentu menunjukan inflasi. Inflasi adalah indikator untuk melihat tingkat perubahan, dan dianggap terjadi jika proses kenaikan harga berlangsung secara terus-menerus dan saling pengaruh-memengaruhi.

Istilah inflasi juga digunakan untuk mengartikan peningkatan persediaan uang yang kadang kala dilihat sebagai penyebab meningkatnya harga. Ada banyak cara untuk mengukur tingkat inflasi, dua yang paling sering digunakan adalah CPI dan GDP Deflator.

1. Apa yang Menyebabkan Terjadinya Inflasi?

Serba-Serbi Inflasi: Penyebab, Penggolongan, Dampak Hingga Peranan Bank Sentral sang Pengendali Inflasi?

Secara umum, inflasi disebabkan oleh kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK). Tidak hanya itu, inflasi juga dipengaruhi oleh harga bahan pokok naik. Adanya tarikan permintaan (kelebihan likuiditas/uang/alat tukar), serta desakan (tekanan) produksi atau distribusi (kurangnya produksi (product or service) dan/atau juga termasuk kurangnya distribusi) juga penyebab terjadinya inflasi.

Untuk sebab pertama lebih dipengaruhi dari peran negara dalam kebijakan moneter (Bank Sentral), sedangkan untuk sebab kedua lebih dipengaruhi dari peran negara dalam kebijakan eksekutor yang dalam hal ini dipegang oleh Pemerintah seperti fiskal (perpajakan/pungutan/insentif/disinsentif), kebijakan pembangunan infrastruktur, regulasi, dll.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Infografis

Prancis Rusuh, Ada Apa?

Senin 03 Juli 2023, 14:39 WIB
Prancis Rusuh, Ada Apa?
Berita Terkini