Tips Memilih Car Seat yang Bagus untuk Anak, Biar Bocil Tetap Anteng

Annisa Fadhilah
Kamis 21 September 2023, 14:45 WIB
Tips Memilih Car Seat yang Bagus untuk Anak, Biar Bocil Tetap Anteng (FOTO: Freepik/senivpetro)

Tips Memilih Car Seat yang Bagus untuk Anak, Biar Bocil Tetap Anteng (FOTO: Freepik/senivpetro)

LABVIRAL.COM - Kursi mobil untuk anak atau dikenal sebagai car seat, merupakan salah satu perlengkapan penting bagi orangtua yang memiliki anak kecil.

Fungsi utama dari car seat adalah memberikan perlindungan ekstra pada anak selama perjalanan dengan mobil.

Namun dengan banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran, memilih car seat yang tepat bisa menjadi tugas yang membingungkan. Kali ini, Labviral.com akan memberikan panduan lengkap tentang cara memilih car seat yang bagus untuk anak.

Baca Juga: 5 Fakta Terbaru Motor Anak SMP Robohkan Tembok Sebabkan Siswa SD Meninggal, Keluarga Korban Tak Menuntut

Sebelum membahas cara memilih car seat, penting untuk memahami mengapa car seat begitu penting. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), car seat adalah salah satu alat paling efektif untuk melindungi anak saat terjadi kecelakaan mobil. Car seat yang tepat dapat mengurangi risiko cedera serius atau bahkan kematian hingga 70%.

Baca Juga: Lagi Mengkhawatirkan! 6 Langkah Mengurangi Paparan Polusi Udara di Dalam Mobil

Setelah mengetahui betapa pentingnya car seat, kamu perlu mengetahui beberapa jenis car seat. Terdapat beberapa jenis car seat yang berbeda sesuai umur anak dan kebutuhan antara lain infant car seat, convertible car seat, dan booster seat.

  • Infant car seat: Dirancang khusus untuk bayi baru lahir hingga sekitar usia satu tahun. Infant car seat cenderung lebih ringan dan memiliki pegangan yang memudahkan untuk memindahkannya dari mobil ke kereta bayi atau stroller.
  • Convertible car seat: Dirancang untuk tumbuh bersama anak. Bisa digunakan untuk bayi baru lahir hingga anak usia 4 tahun atau lebih. Mconvertible car seat dapat diubah dari posisi rear-facing (menghadap belakang) ketika masih bayi, dan ke forward-facing (menghadap depan) ketika anak sudah cukup besar.
  • Booster Seat: Digunakan untuk anak yang sudah terlalu besar untuk car seat, tetapi belum mencapai tinggi yang diperlukan untuk menggunakan seat belt mobil dengan aman.

Cara memilih car seat yang bagus untuk anak

Setelah mengetahui betapa pentingnya car seat untuk anak dan jenisnya, sekarang ketahui bagaimana cara memilih car seat yang bagus untuk anak:

Baca Juga: Sensasi Perjalanan Jakarta-Bukittingi dengan PO Gumarang Jaya Single Glass, Segini Harga Tiketnya

Perhatikan berat dan tinggi anak

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini