Ibu Hamil yang Stres Bisa Alami Keguguran? Begini Penjelasan Dokter, Lengkap dengan Cara Mencegahnya

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 20 Maret 2024, 16:00 WIB
Ibu hamil yang mengalami stress, apakah bisa sampai keguguran? Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas atau diajukan oleh bumil (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

Ibu hamil yang mengalami stress, apakah bisa sampai keguguran? Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas atau diajukan oleh bumil (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

LABVIRAL.COM – Ibu hamil yang mengalami stress, apakah bisa sampai keguguran? Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas atau diajukan oleh bumil.

Belum lama ini, sempat heboh adanya video dari pengguna KRL yang memperlihatkan amarah seorang ibu hamil yang tidak terima dirinya direkam atau difoto diam-diam oleh penumpang lain.

Hasil rekaman tersebut kemudian di-share ke grup, lalu dijadikan bahan guncingan. Emosi ibu hamil tersebut kemudian meluap-luap, saat menegur pelaku.

Baca Juga: Amankah Sabuk Pengaman Mobil untuk Ibu Hamil? Ini Jawabannya

Setelah kejadian tersebut, ibu hamil itu ternyata mengalami kram perut saat turun dari KRL, dan mengeluarkan banyak darah dari Miss V. Rupanya, ia mengalami keguguran.

Dari kisah pilu ini, tak sedikit bumil yang mungkin bertanya-tanya, apakah stres bisa menyebabkan keguguran?

dr. Katherina Adisaputro, MPH melalui chanel Youtube Dokter 24 menjelaskan bahwa jika dilihat dari sudut pandang medis, stres yang berlebihan baik akibat amarah atau beban pikiran, memang dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Hal ini mungkin tidak secara langsung menyebabkan keguguran.

“Tapi dalam keadaan tertentu, emosi yang berlebihan bisa saja memicu atau memperparah kondisi yang dapat mengganggu kehamilan. Ini meningkatkan risiko keguguran, apalagi ibu yang sedang hamil memiliki emosi yang cenderung kurang stabil, akibat perubahan hormon,” katanya.

Dokter Katherina lalu memberikan tips tentang beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya stres pada ibu hamil, yaitu bisa melakukan olahraga ringan dengan rutin.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini