Salah! Makan Nanas Bikin Keguguran Ternyata Tidak Benar, Malah Bermanfaat untuk Bumil dan Dede Bayi

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 06 Maret 2024, 17:15 WIB
Hampir semua ibu hamil menanyakan soal makan nanas dapat menyebabkan keguguran? (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

Hampir semua ibu hamil menanyakan soal makan nanas dapat menyebabkan keguguran? (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

LABVIRAL.COM - Ini adalah anggapan turun temurun orang Indonesia seputar kehamilan yang masih bertahan hingga kini. Hampir semua ibu hamil menanyakan soal makan nanas dapat menyebabkan keguguran?

Banyak masyarakat Indonesia yang mempercayai kalau dengan makan nanas, bisa menyebabkan keguguran. Akibatnya, banyak dari ibu hamil yang takut mengonsumsi buah nanas di tengah-tengah masa kehamilan.

Jika ibu adalah orang yang takut untuk makan nanas ketika sedang hamil, hal ini sebenarnya hal yang wajar. Karena, klaim tentang nanas yang bisa menggugurkan kandungan memang sudah tersebar sangat luas.

Baca Juga: Bahaya! Ini Tanda Kucing Benci dengan Pemiliknya, Waspada Kalau Ada Kondisi Ini, Jangan Nganggap Enteng!

Bahkan di kalangan anak muda pun, banyak yang merasa bahwa dengan makan nanas, kandungan mereka akan bermasalah. Padahal, informasi mengenai nanas yang menyebabkan keguguran ini tak sepenuhnya benar.

“Bahaya nanas pada masa kehamilan ini biasanya dikaitkan dengan adanya enzim bromelain di dalam nanas. Enzim tersebut dapat memecah protein dalam tubuh dan bisa memancing kontraksi sehingga dikhawatirkan menyebabkan perendarahan atau keguguran,” jelas dr. Katherina Adisaputro, MPH melalui chanel Youtube Dokter 24.

Baca Juga: Lagi Hamil Malah Pengen Melulu, Amankah Bumil Terus Minta Jatah ke Suami?

Tapi harus digarisbawahi bahwa enzim tersebut jumlahnya tidak signifikan pada nanas. Maka jika dikonsumsi dalam porsi yang wajar, maka itu akan baik-baik saja.

“Mam harus tahu bahwa jumlah enzim ini sangat kecil di dalam nanas. Jadi kalau dimakan dengan jumlah yang wajar, maka nanas tidak akan menyebabkan keguguran. Malah, buah nanas ini sangat bermanfaat buat Mams yang sedang hamil, salah satu manfaatnya adalah bisa membantu meredakan kecemasan,” sambungnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini