Cara Menjaga Saturasi Oksigen Tetap Stabil Bagi Ibu Hamil dan Mengetahui Fungsi Oximeter sebagai Alat Bantunya

Bonifasius Sedu Beribe
Jumat 28 Juli 2023, 16:16 WIB
Cara Menjaga Saturasi Oksigen Tetap Stabil Bagi Ibu Hamil dan Mengetahui Fungsi Oximeter sebagai Alat Bantunya (FOTO: Freepik.com)

Cara Menjaga Saturasi Oksigen Tetap Stabil Bagi Ibu Hamil dan Mengetahui Fungsi Oximeter sebagai Alat Bantunya (FOTO: Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Saturasi oksigen sangat penting untuk selalu dikontrol. Karena jika saturasi oksigen rendah, itu dapat menjadi tanda awal kamu butuh penanganan medis. Itulah sebabnya penting bagi ibu hamil untuk memastikan saturasi oksigen tetap stabil, yang bisa diukur melalui penggunaan pulse oximeter yang biasanya diletakkan pada jari.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan bahwa, saturasi oksigen yang normal bagi orang dewasa dan anak-anak berada pada rentang 95-100 persen. Sedangkan saturasi oksigen pada ibu hamil seharusnya berada di atas 95 persen.

Maka untuk dapat memastikan tubuh memiliki saturasi oksigen yang baik, Bunda bisa menggunakan Pulse Oximeter.

Pulse Oximeter adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen atau saturasi dalam darah. Tak hanya mengukur oksigen, alat kecil ini juga mampu mendeteksi detak jantung secara simultan. Bahkan, -perangkat ini juga mampu dengan cepat mendeteksi perubahan kecil sekalipun dalam tubuh.

Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil

Baca Juga: Panduan Lengkap Menggunakan dan Membaca Oximeter Bagi Ibu Hamil, Lengkap dengan Tips Menjaga Saturasi Oksigen Tetap Stabil

Oximeter juga dapat melihat seberapa efisien oksigen yang diangkut oleh jantung ke lengan dan kaki. Dalam Jurnal Oxygen Saturation yang dikutip Labviral.com, menjelaskan bahwa saturasi oksigen adalah ukuran seberapa banyak sel darah merah yang terdapat di dalam tubuh.

Lebih jelasnya, fungsi oximeter dijabarkan dalam beberapa poin dibawah ini:

1. Memantau Pasien Kritis

Oximeter juga berguna untuk memonitor individu yang mengalami kondisi kritis, terutama saat mereka dirawat di rumah sakit. Bentuk alat ini yang kecil mirip klip memungkinkan pemasangannya pada jari atau daun telinga. Tapi sebagian besar orang menggunakannya pada jari tangan.

2. Mendeteksi Fungsi Jantung

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini