6 Cara Bijak Menegur Anak Tanpa Perlu Marah-marah

Tim Redaksi Labviral
Rabu 12 April 2023, 12:27 WIB
6 Cara Bijak Menegur Anak Tanpa Perlu Marah-marah (Sumber Foto: Freepik.com)

6 Cara Bijak Menegur Anak Tanpa Perlu Marah-marah (Sumber Foto: Freepik.com)

LABVIRAL.COM – Marah bahkan bentakan menjadi respon yang paling sering dipilih orang tua saat anak melakukan kesalahan. Teguran tidak sama dengan bentakan atau marah ya, karena menegur anak memang diperlukan, agar anak menjadi lebih disiplin dan tak melakukan kesalahan lagi.

Akan tetapi,  jangan buru-buru marah apalagi membentak buah hati kamu saat ia lakukan kesalahan. Inilah 6 cara bijak menegur anak tanpa marah-marah yang nantinya hanya akan menguras energi atau bahkan justru menyakiti si kecil.

Baca Juga: Speech Delay, Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Telat Bicara

1. Tekankan pada perilakunya yang salah, bukan pribadinya

Ketika anak berbuat salah, tekankan pada kesalahan anak. Beritahukan bahwa perilakunya yang salah. Jangan sampai kamu sebagai orang tua melukai harga dirinya saat marah. Lihat apa kesalahan yang ia lakukan, dan terangkan dengan baik bahwa perbuatannya tersebut salah dan tidak seharusnya dilakukan.

2. Hindari kalimat yang menghakimi

Kesalahan tentu pernah dilakukan siapa saja, termasuk anak-anak. Saat menegurnya hidari kalimat yang menghakimi apalagi sarkas. Paling tepat adalah ajak anak berbicara empat mata dan berilah arahan alih-alih marah-marah.

3. Pakai kalimat yang mudah anak pahami

Sadari terlebih dahulu bahwa pemahaman dan pengalaman anak belum sebanyak orang dewasa. Saat menegur atau menasihatinya gunakan kalimat-kalimat dalam bahasa anak-anak atau bahasa yang sesuai usianya. Fokus pada masalah jangan berbelit-belit bahkan mengungkit kesalahan yang telah lalu.

Baca Juga: 5 Jurus Mempertahankan Hubungan, Anti Cerai

4. Bangun komunikasi dua arah

Meskipun anak melakukan kesalahan namun berikan kesempatan ia memberikan argumennya. Dengarkan dulu dan luruskan jika pemahamannya terhadap suatu masalah itu salah. Pada intinya kesalahan bisa terjadi karena kurangnya pemahaman anak terhadap cara bersikap yang tepat. Kamu perlu tahu alasan ia melakukan kesalahan dan sebagainya.

Baca Juga: Speech Delay, Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Telat Bicara

5. Tanyakan perasaannya

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini