Politikus PAN Ramai-ramai Bela Zulkifli Hasan Akibat Candaan Soal Amin dan Tahiyat Dua Jari yang Tuai Kecaman

Efendi AW
Rabu 20 Desember 2023, 22:20 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Sumber : Tangkapan layar YouTube KompasTV)

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Sumber : Tangkapan layar YouTube KompasTV)

LABVIRAL.COM - Video candaan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) saat membuka acara Rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang, Jawa Tengah viral dan menuai sejumlah kecaman.

Menteri Perdagangan itu dalam sambutannya di acara yang digelar di MG Setos Semarang, awalnya membahas soal demokrasi hingga keberlanjutan pembangunan Presiden Joko Widodo. Kemudian Zulhas mulia bercerita soal perubahan sikap masyarakat akhir-akhir ini terkait Pilpres 2024.

Zulhas berkelakar jika makmum shalat saking cintanya ke capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, setelah bacaan Surat Al-Fatihah dari imam enggan menyambut dengan mengucap Amin. Diketahui Amin adalah akronim dari pasangan nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Tak cuma itu, Zulhas juka berkelakar jika ada orang shalat yang duduk tahiyat menunjuk menggunakan dua jari. Dalam pembukaan Rakernas APPSI itu Zulhas juga melakukan simbolis pembukaan dengan memukul gong sebanyak dua kali.

Untuk diketahui, PAN termasuk partai politik yang mengusung pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis menyebut candaan Zulhas tidak lucu dan garing. Cholil menyebut candaan Zulhas dianggap melecehkan agama Islam dan tak semestinya dikaitkan dengan kontestasi politik.

"Candaannya kering tak lucu. Mungkin bagi sebagai orang merasa agamanya dilecehkan atau bahkan ada yang menuntut minta maaf dan melaporkan. Tak pas disampaikan Anda ituuuhhh. Kini orang pada sadar dengan politik rasional tapi Anda bawa-bawa agama dalam candaan untuk memilih paslon tertentu," kata Kiai Cholil Nafis dikutip dari akun Instagramnya, Rabu (20/12/2023).

Dia pun meminta Zulhas agar memilih humor yang tidak menyeret agama tertentu.

"Pak @zul.hasan cari candaan dan humor yang lucu aja daahh. Jangan nyerempet-nyerempet agama gitu ya," tambahnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini