7 Mitos Diabetes yang Jangan Lagi Dipercaya, Biasanya Suka Dibilang Tetangga Termasuk Gak Boleh Makan Nasi

Bonifasius Sedu Beribe
Selasa 05 Maret 2024, 15:38 WIB
Sebagai penderita diabetes, kamu pasti sering mendengar tips-tips tentang cara mengatasi diabetes dari tetangga atau kerabat. Tapi bisa saja, itu ternyata hanya mitos (Sumber : Tangkapan Layar Youtube mGanik Official)

Sebagai penderita diabetes, kamu pasti sering mendengar tips-tips tentang cara mengatasi diabetes dari tetangga atau kerabat. Tapi bisa saja, itu ternyata hanya mitos (Sumber : Tangkapan Layar Youtube mGanik Official)

LABVIRAL.COM - Sebagai penderita diabetes, kamu pasti sering mendengar tips-tips tentang cara mengatasi diabetes dari tetangga atau kerabat. Tapi bisa saja, itu ternyata hanya mitos.

Kali ini, Labviral membahas 7 mitos diabetes yang mungkin biasa kamu dengar dari tetangga dan kerabat, yang itu tidak terbukti kebenarannya secara medis, dan jangan dipercaya lagi.

1. Diabetes nggak boleh makan nasi

Itu hanya mitos, karena penderita diabetes tetap bisa mengkonsumsi nasi, asalkan dengan pola makan yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu.

Baca Juga: 4 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan, Mulai dari Menjaga Kesehatan Jantung hingga Mengurangi Risiko Diabetes

2. Cuman orang gemuk yang bisa kena diabetes

Ini adalah mitos. Diabetes dapat terjadi pada orang dengan berat badan ideal atau kurus sekalipun, jika mereka berasal dari keturunan yang memiliki diabetes atau memiliki pola hidup yang buruk.

3. Penderita diabetes cuma boleh makan makanan sehat

Kamu jangan sampai membuat diri sendiri menderita, karena penderita diabetes masih bisa makan enak seperti layaknya orang yang sehat, tapi memang ada syaratnya yaitu asalkan gula darahnya terkontrol, pola makan yang baik dan berolahraga agar gula darahnya tetap terjaga. Intinya, nutrisi seimbang dan olahraga harus dijaga.

4. Penderita diabetes nggak boleh berolahraga

Faktanya, penderita diabetes bisa berolahraga basket, lari, sepakbola atau apapun dengan catatan kamu menjalani pengobatan yang tepat serta teratur dan menetapkan pola makan yang baik.

Baca Juga: Ciri-ciri Diabetes: Kenali Tipe dan Gejalanya

5. Penderita diabetes lebih mudah tertular penyakit

Jika kamu memiliki diabetes yang terkontrol, resiko tertular penyakit tetap sama dengan orang yang tidak diabetes. Namun jika tidak terkontrol, penderita diabetes memang lebih beresiko untuk mengalami komplikasi jika tertular suatu penyakit. Jadi bukan lebih mudah tertular penyakit, namun risiko komplikasinya memang ada. Itupun jika tidak terkontrol.

6. Kebanyakan makan gula pasti akan kena diabetes

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini