Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Jangan Tunggu Sampai Gatal!

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 28 Maret 2023, 07:01 WIB
Ilustrasi, rambut ketombean.

Ilustrasi, rambut ketombean.

LABVIRAL.COM - Ketombe menjadi permasalahan pada rambut yang sangat menyebalkan dan mengganggu. Saat ini, banyak produk perawatan rambut yang diklaim ampuh untuk mengatasi ketombe. Akan tetapi, ada alternatif lain untuk mengatasi ketombe, yakni dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. 

Bentuk ketombe itu seperti butiran atau serpihan putih halus yang ada di kulit kepala maupun di rambut. Penyebab secara umum ketombe adalah kulit kepala yang kering atau yang berminyak serta adanya mikroba malassezia globosa yang terdapat di kulit kepala. 

Sebelum dijabarkan, cara-cara mengatasi ketombe secara alami, sebaiknya kita ketahui dulu penyebab ketombe di bawah ini. 

Baca Juga: Panduan Cara Lapor SPT Pribadi Penghasilan di Bawah Rp60 Juta, Awas Jika Terlambat Ada Sanksinya

Penyebab ketombe

Berikut beberapa penyebab ketombe.

1. Kulit kepala yang kering

Kondisi kulit kepala yang kering dapat menyebabkan ketombe, kulit kepala kering ini bisa dikarenakan suhu yang terlalu dingin dan mengelupas sehingga menjadi ketombe.

Baca Juga: Keutamaan Salat Tarawih 10 Malam Kedua, Rugi Kalau Enggak Ikutan

2. Kulit kepala berminyak

Selain kulit kepala yang kering, kondisi kulit kepala yang berminyak juga menjadi penyebab timbulnya ketombe. Kulit kepala dapat menghasilkan sebum atau minyak berlebihan kemudian adanya debu dan kotoran menimbulkan ketombe yang gatal.

3. Terkena infeksi jamur Malassezia globosa

Malassezia globosa dapat menghasilkan asam oleat yang bisa menyebabkan iritasi dan timbulnya ketombe. Mikroba ini dapat menular melalui topi, handuk maupun sisir.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini