Usia 60 ke Atas Waspada! Dampak Kekurangan Asupan Vitamin B12, Rambut Bisa Cepat Beruban

Zahwa Elia Azzahra
Senin 13 Maret 2023, 15:11 WIB
Ilustrasi, vitamin B12

Ilustrasi, vitamin B12

LABVIRAL.COM - Vitamin B12 adalah vitamin esensial yang memainkan peran utama dalam fungsi tubuh dari otak, kulit hingga kuku.

Namun, banyak orang yang tidak menyadari tanda-tanda dari kekurangan vitamin B12. Seorang ahli menyebutkan, sulit sekali mendeteksi gejala umum yang menunjukkan kekurangan salah satu vitamin yang paling penting ini.

Katarina Cepinova, terapis nutirisi di Well.Actually mengatakan, kekurangan vitamin B12 lebih sering terjadi pada orang dewasa dan usia 60 tahun ke atas, dengan sebanyak 20 persen dari mereka yang beruasia di atas 60 tahun mengalami kekurangan vitamin B12. 

Baca Juga: Kamu Suka Minuman Manis? Waspadai 5 Penyakit Disebabkan Konsumsi Gula Berlebihan

"Seiring bertambahnya usia, tubuh kita secara alami mengurangi asam lambung dan faktor intrinsik yang diperlukan untuk menyerap B12 dari makanan."

"Kekurangan dari jumlah harian minimum yang diperlukan atau di bawah tingkat harian minumum dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius," jelasnya dikutip Labviral.com dari laman Express.

Dia melanjutkan, tingkat kecukupan bisa jauh lebih tinggi daripada jumlah minimun dari vitamin B12. Pada tahap ini, orang-orang masih gagal mencapai tingkat optimal yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih ringan.

Baca Juga: Madu Hangat Berbahaya? Begini Penjelasan Ahli

Berikut adalah lima tanda tersembunyi yang bisa terjadi ketika seseorang kekurangan vitamin esensial ini, yaitu :

1. Gangguan Fungsi Kognitif

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini