Cara Cek Nomor Induk Mahasiswa di Website PDDikti

Yowan R
Kamis 18 Mei 2023, 17:25 WIB
Ilustrasi laman PDDikti untuk cek nomor induk mahasiswa (Sumber : pddikti.kemdikbud.go.id)

Ilustrasi laman PDDikti untuk cek nomor induk mahasiswa (Sumber : pddikti.kemdikbud.go.id)

LABVIRAL.COM - Nomor induk mahasiswa merupakan serangkaian nomor identitas milik mahasiswa yang berlaku saat studi perkuliahan berlangsung. Nomor induk mahasiswa juga memiliki berbagai macam fungsi, baik untuk mahasiswa maupun pihak kampus. Dengan adanya nomor induk mahasiswa, berarti menunjukan mahasiswa terdaftar secara resmi dan memiliki data yang tercantum di PDDikti.

Untuk cek nomor induk mahasiswa ini bisa dilakukan dengan mengunjungi laman resmi PDDikti. Pada laman tersebut, tersedia data secara lengkap seputar status pendidikan di perguruan tinggi.

Selain itu, laman PDDikti juga bisa diakses oleh mahasiswa untuk sumber rujukan dari berbagai macam kepentingan seperti, pendaftaran PNS, mencari pekerjaan, dan untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi.

Cara cek nomor induk mahasiswa di halaman Dikti sebenarnya sangat sederhana, ada dua cara yang digunakan. Apa saja cara tersebut? Berikut ulasannya.

Cek melalui laman PDDikti

  • Kunjungi laman resmi PDDikti di https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_mahasiswa/
  • Klik kolom pencarian data yang terletak di sudut kanan atas website tersebut.
  • Selanjutnya, lakukan pencarian data dengan mengisi kolom secara lengkap menggunakan nama mahasiswa, NIM atau Nomor Induk Mahasiswa, Nama Perguruan Tinggi, Nama Program Studi.
  • Kemudian, jangan lupa untuk klik centang captcha. Lalu piih menu cari atau search.
  • Tunggu beberapa saat. Nantinya, data mahasiswa yang berisi nama, Nomor Induk Mahasiswa (NIM), tahun angkatan, dan status pendidikan pun akan muncul.

Cek melalui Forlap Dikti

  • Kunjungi laman PDDikti dengan mengakses forlapdikti.go.id.
  • Jika sudah muncul pada halaman pertama, pilih menu kemudian lanjutkan pada pencarian data dan pilih profil mahasiswa.
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan menuju halaman pencarian data mahasiswa. Di halaman tersebut, kamu bisa menjumpai berbagai macam kolom yang harus diisi dengan kata kunci, seperti nama perguruan tinggi tempat menempuh pendidikan. Pastikan semua kolom terisi ya, kamu juga bisa menulis nama universitas atau menulis kode universitas.
  • Sesuaikan dengan program studi dan istilah kata kunci dengan menggunakan atau nama lengkap. Jika nama atau NIM sudah ditemukan, klik pada kolom nama mahasiswa.
  • Kamu bisa melihat informasi sebagai mahasiswa aktif dan mengecek status mahasiswa saat ini.
  • Kamu bisa memastikan status mahasiswa saat ini apakah sudah lulus atau belum. Jika waktu lulus semester ini masih belum berubah menjadi lulus, data otomatis akan di sinkronisasi 6 bulan setelah kelulusan.***
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini