Ternyata Meta Merupakan Pemilik Logo "X" Twitter, Benarkah?

Yusuf Tirtayasa
Kamis 27 Juli 2023, 21:42 WIB
Logo twitter berubah jd X (Sumber : Variety)

Logo twitter berubah jd X (Sumber : Variety)

LABVIRAL.COM - Proses rebranding Twitter menjadi X nampaknya mengalami sedikit hambatan. Karena, Meta dikabarkan memiliki hak atas merek X tersebut.

Mengutip dari Business Insider, Rabu (26/7/2023), Mark Zuckerberg sang pendiri Meta telah mendaftarkan merek X, berkaitan dengan layanan jejaring sosial online, dan jejaring sosial di bidang hiburan, game, dan pengembangan aplikasi.

Platform Meta mendaftarkan nama dagang merek X pada 2019 lalu. Tepatnya, merek tersebut dilengkapi dengan huruf biru-putih X untuk berbagai bidang, termasuk software dan media sosial.

Sebenarnya bukan hanya Meta, Reuters menyebut bahwa Microsoft juga memiliki hak kekayaan intelektual (HAKI) atas X. Bahkan, perusahaan milik Bill Gates tersebut sudah memegang hak merek tersebut sejak 2003.

Menurut Business Insider, X sendiri dipakai luas dan dikutip dalam merek dagang, sehingga bisa jadi bahan untuk gugatan hukum. Twitter pun bisa menghadapi masalah dalam mempertahankan merek X di masa mendatang.

"Ada kemungkinan 100 persen bahwa Twitter akan digugat oleh seseorang," kata seorang pengacara merek dagang Josh Gerben.

Ia juga menyebut, ada hampir 900 pendaftaran merek dagang aktif AS yang sudah mencakup huruf X di berbagai industri.

Baca Juga: Berapa Besarnya Pahala Mendengarkan Al-Qur'an? Begini Penjelasannya

Logo X Twitter Mirip Karakter Unicode Generik

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini