Tips Mengatasi Busi Motor Mendadak Mati Dalam Keadaan Darurat

Yowan R
Selasa 15 Agustus 2023, 12:37 WIB
Ilustrasi busi motor yang masih baik dan busi motor yang sudah rusak (Sumber : Instagram.com/yamaha_store.bogor)

Ilustrasi busi motor yang masih baik dan busi motor yang sudah rusak (Sumber : Instagram.com/yamaha_store.bogor)

LABVIRAL.COM - Saat melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor, ada banyak kejadian tak diinginkan yang sering terjadi di tengah perjalanan. Salah satunya adalah busi motor yang mati mendadak, yang pasti membuat pengendara motor panik.

Jika kamu salah satu pengendara motor yang mengalami hal tersebut di jalan, nggak perlu panik. Sebab, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki busi motor yang mendadak mati.

Penasaran apa saja cara untuk mengatasi busi motor yang mendadak mati? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Cara mengatasi busi mati mendadak

1. Memperbaiki posisi cop busi

Cara untuk mengatasi busi motor yang mendadak mati adalah memperbaiki posisi cop busi terlebih dahulu. Meskipun posisi busi hanya bergeser sedikit saja, sudah dapat mempengaruhi kinerja busi.

Setelah memperbaiki posisi cop busi yang menempel ke busi, maka kamu bisa untuk mencoba menyalakan kembali motornya.

2. Bakar bagian elektroda busi

Busi motor yang mati mendadak di tengah perjalanan bisa terjadi karena adanya kesalahan proses pembakaran bahan bakarnya. Umumnya, hal ini terjadi karena bensin atau bahan bakar terlalu banyak masuk ke ruang bakar dan membasahi elektroda busi. Sehingga, busi tidak dapat memercikan api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan busi terlebih dahulu, lalu bagian elektrodanya dibakar menggunakan api kecil.

Kamu dapat membakar elektroda dengan menggunakan korek api. Setelah itu, kamu dapat menunggu hingga beberapa menit hingga busi dingin. Pastikan, untuk tidak langsung memasukkan busi jika masih terlalu panas karena hal itu akan membahayakan motor.

3. Memecahkan keramik busi

Penyebab lain busi motor menjadi cepat mati bisa jadi karena di dalam ruang bakar sudah terlalu basah oleh oli. Hal ini disebabkan oleh komponen ring seher yang aus dan sil klep atau steam sil valve aus. Selain busi yang cepat mati, hal ini juga bisa menyebabkan banyak asap yang keluar dari motor.

Cara memperbaiki busi yang mati mendadak dalam kondisi ini adalah dengan memecahkan bagian kaca pemantiknya. Langkah pertamanya cukup dengan memecahkan terlebih dahulu bagian kaca keramiknya menggunakan obeng, tang atau batu.

Keramik yang dipecahkan ini posisinya berada di dalam busi, melapisi elektroda busi. Cara ini cukup disarankan untuk digunakan pada busi yang mati mendadak. Karena biasanya busi yang mati itu disebabkan oleh elektrodanya yang sudah dipenuhi banyak karbon.

Setelah keramik dipecahkan, maka akan muncul aliran listrik yang akan masuk ke busi tanpa dihalangi oleh keramik insulator serta kerak karbon. Setelah itu, masukkan busi ke mesin.

Sebelum busi dimasukan kembali ke kepala silinder, pastikan tidak ada serpihan keramik yang tertinggal. Karena, pecahan keramik ini dapat merusak komponen ruang bakar, atau menyumbat celah antara seating klep dan klep yang mengakibatkan kebocoran kompresi.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi busi motor yang mati mendadak. Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun busi masih belum teratasi, maka cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengganti businya dengan busi yang baru.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini