Cara Sederhana Bikin Motor Tetap Prima yang Bisa Kamu Coba

Yowan R
Rabu 23 Agustus 2023, 15:34 WIB
Ilustrasi penggunaan bahan bakar dengan kualitas tinggi untuk menjaga performa motor tetap optimal (Sumber : rfi.fr)

Ilustrasi penggunaan bahan bakar dengan kualitas tinggi untuk menjaga performa motor tetap optimal (Sumber : rfi.fr)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor dengan performa yang tetap prima meskipun telah digunakan dalam waktu yang lama memang menjadi salah satu harapan para pemilik motor. Namun, hal tersebut tidak akan didapatkan tanpa adanya usaha dari para pemilik motor.

Usaha yang harus dilakukan para pemilik motor agar performa motornya tetap prima tentu saja adalah perawatan secara rutin. Terutama jika motor selalu digunakan dengan intensitas tinggi setiap harinya. Dengan rutin melakukan perawatan atau servis sepeda motor dan selalu memeriksa kelayakan setiap komponen sepeda motor sebelum berkendara, tentunya akan membuat sepeda motor menjadi lebih awet.

Lalu, apa saja cara sederhana yang dapat dilakukan agar motor tetap prima? Simak penjelasan selengkapnya dari Labviral.com berikut ini.

1. Pilih bahan bakar yang tepat

Salah satu cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menjaga performa motor tetap prima adalah menggunakan bahan bakar yang tepat. Karena, setiap bahan bakar memiliki tingkat oktan yang berbeda-beda. Semakin tinggi oktan yang dimilikinya, biasanya menghasilkan performa yang semakin maksimal juga.

Agar motor tetap handal dan memiliki tenaga yang tangguh untuk berakselerasi, gunakan oktan yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Pastikan untuk tidak menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah karena berisiko mempercepat kerusakan mesin sepeda motor.

2. Periksa kondisi busi

Busi memiliki fungsi untuk memantik api di sistem pembakaran. Jika terjadi kerusakan, maka mesin motor tidak akan bisa dihidupkan.

Karena itu sangat disarankan untuk memeriksa kondisi busi secara berkala. Pastikan tidak ada bagian yang kotor dan putus. Jika busi mengalami kerusakan, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Menggunakan busi yang rusak biasanya membuat mesin kurang terasa tenaganya bahkan bisa mati total.

3. Periksa aki motor

Pada sepeda motor, aki merupakan sumber penyuplai listrik ke seluruh komponen elektrik. Jika daya listrik pada aki berkurang, biasanya motor akan sulit digunakan. Terlebih pada sepeda motor injeksi yang seluruh komponennya sudah elektrik.

Karena itu, pastikan untuk selalu mengecek aki sepeda motor dan masa pakainya. Jika mendapati aki mulai soak, segera ganti dengan aki yang baru.

4. Cuci motor secara rutin

Mencuci motor secara rutin juga menjadi salah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga performa motor tetap prima. Terlebih, setelah motor terkena air hujan atau air laut, mencuci motor harus segera dilakukan untuk menghilangkan partikel berbahaya yang menyebabkan karat pada kendaraan.

5. Rutin memanaskan sepeda motor secara rutin

Selain beberapa cara diatas, cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menjaga performa motor tetap prima adalah memanaskan motor secara rutin sebelum digunakana. Seperti yang sudah di jelaskan pada artikel sebelumnya, memanaskan motor memiliki berbagai macam manfaat untuk motor.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini