Berapa Bahayanya Sih Dampak Rangka yang Rusak di Sepeda Motor?

Yowan R
Jumat 01 September 2023, 21:44 WIB
Ilustrasi rangka sepeda motor yang mengalami kerusakan (Sumber : instagram.com/infodepok_id)

Ilustrasi rangka sepeda motor yang mengalami kerusakan (Sumber : instagram.com/infodepok_id)

LABVIRAL.COM - Belakangan ini, tengah ramai fenomena rangka sepeda motor yang patah dan menjadi perbincangan di media sosial. Rangka motor yang patah ini bisa terjadi karena beberapa hal, mulai dari muatan yang terlalu berat, benturan, serta korosi.

Korosi sendiri, akan menyebabkan karat pada rangka motor yang lama kelamaan akan membuat rangka menjadi keropos sehingga membuat kekuatan rangka menurun. Rangka yang keropos juga bisa dikatakan sebagai kerusakan rangka yang cukup parah dan berpotensi menimbulkan berbagai hal negatif.

Lalu, bagaimana sih dampak yang akan terjadi jika rangka motor rusak?

Karena rangka pada sepeda motor ini memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara, tentunya kondisi rangka akan mempengaruhi kestabilan kendaraan dalam kondisi jalan yang berbeda.

Selain itu, rangka sepeda motor juga berfungsi sebagai penahan beban komponen yang ada di atasnya, sehingga rangka memiliki desain yang terukur saat proses produksi. Jika rangka motor ini melemah atau berubah struktur, bentuk dan kekuatannya maka akan membuat rangka motor tidak mampu menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

Saat rangka sepeda motor mengalami kerusakan, maka akan memberikan dampak yang berbahaya bagi para pengendaranya. Terlebih, jika rangka sampai mengalami perubahan bentuk saat dikendarai.

Jika hal ini terjadi, maka pengendara motor menjadi tidak dapat bermanuver dengan baik dan pengendara menjadi tidak dapat mengendalikan motor dengan stabil sebagaimana mestinya.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini