8 Penyebab Elektrik Stater Motor Matic Tidak Bisa Nyala Meski Aki Baru, Ketahui Juga Cara Mengatasinya

Annisa Fadhilah
Rabu 06 September 2023, 18:48 WIB
8 Penyebab Elektrik Stater Motor Matic Tidak Bisa Nyala Meski Aki Baru, Ketahui Juga Cara Mengatasinya (FOTO: Freepik)

8 Penyebab Elektrik Stater Motor Matic Tidak Bisa Nyala Meski Aki Baru, Ketahui Juga Cara Mengatasinya (FOTO: Freepik)

LABVIRAL.COM - Elektrik starter adalah salah satu teknologi dalam dunia otomotif yang sudah berkembang lama. Jika sepeda motor dulunya dinyalakan menggunakan starter engkol, kini hanya sekali pencet, mesin dapat menyala. Ini terutama pada motor matic.

Hanya saja, elektrik starter pada motor listrik melibatkan cukup banyak sistem kelistrikan, salah satunya adalah aki.

Sayangnya, motor matic berusia tua sering mengalami kesulitan saat dinyalakan dengan elektrik stater, meski aki masih baru. Masalah elektrik stater ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut adalah penjelasan Labviral.com mengenai penyebab elektrik stater motor matic tidak dapat dinyalakan, meski aki baru. Kami juga menyertakan solusinya agar kamu bisa mengetahuinya lebih jelas:

Baca Juga: 3 Kota yang Larang Klakson Telolet, Bahayakan Anak-anak

1. Masalah pada kabel dan soket

Kendala dengan aki yang lemah memang dapat diatasi dengan mengganti aki yang baru. Namun, sulitnya starter motor tidak selalu disebabkan oleh aki yang lemah. Sistem kelistrikan dan starter elektrik melibatkan banyak kabel dan soket.

Saat pemasangan kabel dan soket ini tidak dilakukan dengan benar, arus listrik tidak dapat mengalir dengan baik.

Kerusakan yang disebabkan oleh gigitan tikus pada kabel dapat memengaruhi kabel dan soket ini. Kabel putus dapat menghentikan aliran listrik, atau bahkan menyebabkan korsleting yang dapat merusak komponen lain dalam kendaraan, seperti lampu.

Jika masalahnya adalah pada kabel, solusinya bukan hanya mengganti aki, tetapi juga melakukan perbaikan pada kabel yang bermasalah itu.

2. Kotornya elektrik stater

Ketika tombol starter terkena kotoran akibat hujan, debu atau kotoran lainnya, kerak dapat menghambat fungsi tombol starter. Akibatnya, aliran listrik dari starter elektrik terganggu, dan mesin tidak akan menyala.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini