Rantai Motor Tetap Kendur Meski Sudah Dikencangkan? Ini Penyebabnya

Yowan R
Kamis 14 September 2023, 16:48 WIB
Ilustrasi rantai motor yang aus (Sumber : Shutterstock)

Ilustrasi rantai motor yang aus (Sumber : Shutterstock)

LABVIRAL.COM - Seiring dengan pemakaiannya, rantai motor akan menjadi kendur dan harus dikencangkan secara berkala agar tidak mengganggu performa motor.

Untuk mengencangkan rantai motor, umumnya dilakukan dalam jeda waktu tiga hingga enam bulan atau tidak setiap kali melakukan servis berkala rantai motor harus dikencangkan.

Apalagi, jika rantai masih bagus atau diganti belum lama, biasanya rantai akan jarang sekali kendur, sehingga tidak memerlukan penyetelan ulang.

Tapi, ada juga rantai motor yang kembali kendur meskipun sudah dilakukan penyetelah beberapa hari sebelumnya. Rantai yang mengalami kondisi ini biasanya disebabkan oleh dua hal.

Penyebabnya adalah kondisi rantai yang memang sudah aus dan gir yang digunakan baik itu depan dan belakang juga sudah mengalami keausan. Biasanya, kondisi ini terjadi pada sepeda motor yang telah berumur atau kilometernya sudah tinggi.

Rantai dan gir yang sudah mengalami keausan, efeknya saat ban berputar atau digunakan untuk jalan rantai terlihat kencang dan kendur secara bersamaan.

Meskipun demikian, selama gir motor masih belum terlalu tajam, motor masih dapat digunakan asalkan rantai diberi pelumas terlebih dahulu. Namun, jika gir sudah terlalu tajam, maka motor sebaiknya tidak digunakan. Karena, rantai bisa terlepas di jalan saat motor dikendarai, kondisi ini tentunya sangat berbahaya bagi para pengendara motor.

Karena itu, saat rantai motor masih tetap kendur meskipun sudah dikencangkan. Sebaiknya segera lakukan penggantian rantai dan gir motor demi keselamatan dan kenyamanan berkendara.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Tech

Penyebab Rantai Motor Bunyi Kletek-kletek

Sabtu 19 Agustus 2023, 21:39 WIB
Penyebab Rantai Motor Bunyi Kletek-kletek
Berita Terkini