Punya Motor Jarang Dipakai? Berikut 9 Cara Merawat Motor yang Jarang Dipakai Biar Gak Rusak

Annisa Fadhilah
Jumat 15 September 2023, 12:11 WIB
Punya Motor Jarang Dipakai? Berikut 9 Cara Merawat Motor yang Jarang Dipakai Biar Gak Rusak (FOTO: Adira.co,id)

Punya Motor Jarang Dipakai? Berikut 9 Cara Merawat Motor yang Jarang Dipakai Biar Gak Rusak (FOTO: Adira.co,id)

LABVIRAL.COM - Merawat motor yang sering kali terabaikan hingga jarang dipakai oleh pemiliknya, bisa mengakibatkan berbagai masalah yang merugikan. Ada berbagai alasan mengapa motor jarang digunakan, seperti memiliki kendaraan lain, perjalanan keluar kota dan faktor-faktor lainnya.

Namun, motor yang dibiarkan terlantar tanpa perawatan bisa mengakibatkan kerusakan serius yang memerlukan pengeluaran finansial yang signifikan untuk perbaikan.

Baca Juga: Motor Matik Bekas Sering Slip saat Menanjak, Apa Masalahnya?

Merawat motor yang jarang dipakai adalah suatu keharusan untuk menjaga kondisi mesin dan komponen kendaraan tetap optimal. Terdapat beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah kerusakan dan menjaga performa motor yang jarang digunakan.

Berikut Labviral.com punya cara merawat motor yang jarang dipakai, agar terhindar dari kerusakan:

1. Simpan motor di tempat yang tepat

Pertama-tama, penting untuk menyimpan motor di lokasi yang tepat. Pastikan motor disimpan di tempat yang kering dan terlindung dari sinar matahari langsung. Debu dan kotoran juga harus dihindari, sehingga menggunakan penutup motor adalah ide yang baik.

Baca Juga: Akhirnya Terungkap, Ternyata Ini Fungsi Penting dari Selang Kecil di CVT Motor Matic

2. Panaskan motor 5-10 menit

Selanjutnya, meskipun motor jarang digunakan, disarankan untuk menghidupkannya atau memanaskannya setidaknya 5-10 menit setiap hari. Hal ini bertujuan untuk menjaga baterai (accu) tetap terisi dan memastikan oli mesin beredar dengan baik.

3. Gunakan standar dua

Gunakan standar dua saat menyimpan motor. Hal ini akan membantu menjaga bentuk ban agar tetap sempurna dan menghindari beban yang tidak seimbang pada suspensi, terutama jika menggunakan standar samping.

4. Isi bahan bakar secukupnya

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini