8 Penyebab Motor Kehilangan Pengapaian, Hingga Mogok Tiba-tiba

Annisa Fadhilah
Rabu 20 September 2023, 13:57 WIB
8 Penyebab Motor Kehilangan Pengapaian, Hingga Mogok Tiba-tiba (FOTO: Suzuki.co.id)

8 Penyebab Motor Kehilangan Pengapaian, Hingga Mogok Tiba-tiba (FOTO: Suzuki.co.id)

LABVIRAL.COM - Kendaraan bermotor menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dan api kecil di dalam ruang bakar untuk memicu pengapian. Proses ini mengubah energi pengapian menjadi tenaga yang mendorong motor untuk bergerak.

Namun, terkadang motor dapat kehilangan pengapian. Ini dapat mengakibatkan mogok atau mesin tidak dapat dinyalakan meskipun sudah dihidupkan. Kondisi ini dapat terjadi tanpa peringatan, oleh karena itu, penting bagi pengendara untuk mengetahui penyebabnya.

Berikut Labviral.com berikan beberapa faktor yang dapat menyebabkan kehilangan pengapian pada motor dan cara mengatasinya:

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Bekas Honda BR-V Terbaru September 2023 yang Tetap Tinggi Peminat

1. Kerusakan aki pada motor injeksi

Jika motor menggunakan sistem injeksi, aki yang rusak dapat menyebabkan hilangnya pengapian. Indikator aki pada stang motor dapat memberikan petunjuk, dengan lampu yang menyala saat kunci kontak dalam posisi on. Ganti aki yang rusak untuk memulihkan pengapian.

2. Kehabisan bahan bakar

Kehabisan bahan bakar merupakan penyebab umum kehilangan pengapian. Tanpa pasokan bahan bakar, ruang bakar tidak dapat berfungsi, sehingga pengapian tidak terjadi. Pastikan untuk memeriksa indikator bensin pada speedometer dan mengisi bahan bakar jika perlu.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Bekas Honda Brio Terbaru September 2023, Banyak Peminat Makin Murah

3. Tidak ada percikan api pada busi

Busi adalah komponen kunci dalam sistem pengapian motor. Busi menciptakan percikan api yang diperlukan untuk menghasilkan pengapian.

Kamu dapat memeriksa busi dengan melepasnya dari rumahnya, memasang kembali, dan memeriksa apakah ada percikan api saat mesin dihidupkan. Jika tidak ada percikan api, maka busi perlu diganti.

4. Sekring yang putus

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini