Jangan Panik, Pahami Penyebab dan Cara Memperbaiki Layar HP Bergaris

Yowan R
Rabu 10 Mei 2023, 17:24 WIB
Ilustrasi HP dengan layar bergaris (Sumber : youtube.com/Adila112 second)

Ilustrasi HP dengan layar bergaris (Sumber : youtube.com/Adila112 second)

LABVIRAL.COM - Hampir semua pemilik HP akan merasa panik saat muncul garis-garis pada layar HP mereka. Bahkan, tak sedikit juga yang langsung membuka browser internet mereka untuk mencari tahu penyebab dan cara mengatasi layar HP yang bergaris.

Garis yang muncul pada layar HP ini bisa dengan posisi vertikal ataupun horizontal yang terkadang disertai dengan warna hitam, putih ataupun hijau tergantung dari layar Hpnya sendiri.

Untuk penyebabnya sendiri bisa dikarenakan berbagai faktor, bisa dari Hardware maupun Softwarenya. Jika kamu salah satu yang mengalami layar HP yang tiba-tiba bergaris, kamu tak perlu bingung atau panik. Simak beberapa penyebab layar HP bergaris dan cara-cara untuk mengatasinya.

Baca Juga: 2 Cara Mudah Hapus Cache Google Drive di HP Android, Bikin Kinerjanya Lancar Jaya

Penyebab layar HP bergaris

Seperti yang sudah disinggung di atas, penyebab layar HP bergaris ada beberapa faktor, baik dari bagian hardware maupun software yang bermasalah. Berikut penyebab layar HP bergaris:

1. HP terjatuh

Salah satu penyebab layar HP bergaris adalah HP yang sering terjatuh. Umumnya, garis yang muncul di layar HP ini adalah kerusakan pada hardware atau software di dalamnya. Kerusakan pada hardware memicu kerusakan pada LCD layar. Tetapi ada juga kemungkinan layar bergaris yang muncul karena HP terjatuh ini dari softwarenya.

2. HP terkena atau terendam air

Penyebab berikutnya layar HP menjadi bergaris adalah terkena percikan air atau terendam air. Meskipun beberapa HP mungkin memiliki ketahanan air yang baik. Tetapi, sebagian besar belum dilengkapi dengan fitur ini. Jadi saat HP terkena atau terendam air sangat berpotensi merusak layar HP sehingga layar menjadi bergaris.

Baca Juga: Ketahui Spesifikasi Nokia XR21, HP Tangguh yang Bisa Dibawa Menyelam

3. Sistem error

Penyebab lain yang mengakibatkan munculnya garis pada layar HP adalah terjadinya sistem error pada sistem operasi HP. Sistem error ini biasanya bereaksi dengan munculnya bug sistem dalam bentuk garis halus, terkadang juga mengakibatkan layar hp berkedip.

4. Layar HP tertindih benda berat

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini