Daftar Rumah Adat Sumatera Utara

Aci
Selasa 08 Agustus 2023, 13:45 WIB
Rumah Adat (Sumber : Istockphoto.com)

Rumah Adat (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Rumah adat, setiap daerah di Indonesia mempunyai banyak budaya dan ciri khasnya. Salah satunya yaitu rumah adat. Banyak jenis rumah adat di Indonesia yang mencuri perhatian, karena memiliki desain yang unik dan juga makna yang menarik.

Adapun salah satu daerah yang rumah adatnya cukup terkenal yaitu rumah adat khas Sumatera Utara, terdapat beberapa jenis rumah adat khas suku Sumatera utara yang cukup populer karena design dan juga maknanya.

Suku Sumatera Utara yang terbagi lagi menjadi suku Batak, namun mereka pun terbagi lagi menjadi beberapa sub-suku lainnya. Setiap suku, dengan rumah adat dan ciri khas serta keunikannya tersendiri baik dari segi arsitektur, fitur dan desainnya.

Baca Juga: Duduk Perkara Ria Ricis Dihujat Gara-gara Bikin Konten Ibunya Masuk Rumah Sakit

Berikut ini Labviral.com sebutkan beberapa rumah adat Sumatera Utara:

Rumah adat Bolon

Rumah adat Bolon memiliki ketinggian 1,7 meter, rumah adat Bolon ini dulunya digunakan sebagai tempat tinggal para raja. Namun seiring dengan perubahan zaman, rumah ini banyak dibangun sebagai tempat tinggal masyarakat suku Batak. 

Selain itu, seiring berjalannya waktu rumah adat Bolon kemudian berbentuk rumah panggung, dengan tujuan bagian kolongnya sebagai tempat pemeliharaan hewan seperti kambing atau ayam.

Uniknya dari rumah adat Bolon yaitu bentuknya seperti rumah panggung, untuk dapat masuk ke rumah adat ini harus menggunakan tangga yang terletak di bagian tengah bangunan, dengan maksud agar tamu yang datang kemudian menunduk atau menghormati tuan rumah.

Rumah Adat Mandailing

Rumah Adat Mandailing dapat ditemukan di Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Tapanuli Selatan dan sebagian dari Kabupaten Padang Lawas.

Nama rumah adat Mandailing sendiri adalah Bagas Godang. Bagas yang berarti rumah sementara Godang berarti banyak. Kawasan Mandailing terkenal juga dengan wisata alamnya yang cukup memukau. 

Suku Mandailing berada di provinsi Sumatera Utara serta berbatasan langsung dengan provinsi Riau. Mandailing yang cukup terkenal dengan wisata alam yang mempesona juga kearifan lokal yang dijaga dengan baik oleh penduduk setempat. 

Baca Juga: 10 Rumah Adat yang Ada di Kepulauan Sumatera, dari Sumut Hingga Lampung

Rumah Adat Pakpak

Rumah adat PakPak memiliki bentuk rumah yang umumnya menggunakan tiang juga tangga, bentuknya juga sangat khas sebab terbuat dari kayu dan atap dari bahan ijuk. Bentuk desain rumah selain sebagai wujud budaya dan seni suku Pakpak, pada bagiannya juga memiliki makna tersendiri.

Suku Pakpak hidup di Pakpak Bharat dan distrik Dairi. Kabupaten Pakpak Bharat sendiri kemudian berkembang pesat, bernama Jerro. 

Rumah Adat Melayu

Rumah Adat Melayu Deli identik pula dengan penggunaan warna kuning dan hijau. Pada area dinding dan lantainya terbuat dari atap dan papan yang menggunakan materi ijuk. Rumah Adat Melayu Deli juga memiliki desain yang unik. 

Suku Melayu berada di Kota Medan, Kabupaten Langkat, Kabupaten Serdang Bedagai Kabupaten Batubara, Kabupaten Deli Serdang, dan Kabupaten Labuhan, Suku Melayu sendiri memiliki peran besar dalam perkembangan Kota Medan sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia. 

Rumah Adat Nias

Rumah adat Nias diantaranya Omo Sebua bentuk rumah ini sendiri sebagai panggung adat masyarakat Nias. Selain itu, terdapat rumah adat Nias dengan desain yang berbeda-beda diantaranya Omo Sebua. Rumah adat ini juga sebagai tempat tinggal bagi para kepala negara (Takenori), bangsawan maupun kepala desa (Salawa). 

Baca Juga: Hadiri Sidang Mediasi Perdana, Rendy Kjaernett Ingin Pertahankan Rumah Tangga

Rumah adat Nias juga dibangun di atas tiang kayu nibung yang tinggi dan besar, serta Rumbia. Bentuk denahnya bulat telu, untuk wilayah Nias Utara, Nias Timur dan Nias Barat.

Nias merupakan suku yang mendiami Kepulauan Nias yang juga terkenal sebagai destinasi wisata bahari terbaik di Sumatera. Sebagai ikon pariwisata, Nias banyak dikunjungi karena keindahannya. Tak hanya itu, budaya megalitiknya kemudian diperkirakan tertua di Indonesia.

Rumah Adat Angkola

Rumah adat Angkola dibuat dari papan kayu untuk lantai dan dinding. Sementara atapnya ada yang dari ijuk dan ada yang menggunakan tanah liat. Rumah adat ini memiliki bentuk yang lebih kotak dengan bagian atap yang besar pada bagian depan, lalu ada atap kecil lainnya di atasnya yang berbentuk segitiga. Rumah adat Angkola juga didominasi dengan warna coklat tua, oranye, dan putih.

Rumah Adat Simalungun

Rumah adat Simalungun memiliki bentuk bangunan yang berbentuk limas dengan tipe rumah panggung. Bagian kolong panggung dibuat setinggi dua meter dengan tujuan untuk menghindari serangan babi hutan serta hewan liar lainnya. Sedangkan pada kaki rumah adat Simalungun terdapat kayu-kayu penyangga yang diukir dan diberi warna.

Baca Juga: Jangan Buru-buru ke Klinik Kecantikan, Ini 6 Cara Alami Kurangi Double Chin yang Bisa Dilakukan di Rumah

Pada bagian pintunya sengaja dibuat pendek. Hal ini bertujuan supaya tamu menghormati pemilik rumah karena akan sedikit membungkuk ketika masuk rumah.

Nah, itu dia beberapa rumah adat khas Sumatera Utara yang memiliki bangunan dan makna luar biasa. Semoga bermanfaat ya.(**)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Hype

Mengenal Sejarah Benua Eropa

Senin 07 Agustus 2023, 14:45 WIB
Mengenal Sejarah Benua Eropa
Berita Terkini