Hukum Puasa Weton Menurut Agama Islam

Hadi Mulyono
Senin 28 Agustus 2023, 11:38 WIB
Ilustrasi puasa weton. (Sumber : unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

Ilustrasi puasa weton. (Sumber : unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

LABVIRAL.COM - Puasa weton atau puasa pada hari kelahiran merupakan sebuah amal ibadah yang telah menjadi tradisi, terutama bagi masyarakat Jawa.

Weton berasal dari kata metu yang artinya keluar dan lahir. Sederhananya, puasa weton adalah puasa yang dikerjakan pada hari kelahiran seperti Senin Pon, Senin Wage, Senin Kliwon dan seterusnya.

Tujuan dari puasa ini ialah untuk mengharap ridha Allah agar diberi kesehatan, rezeki, dan segala bentuk kebaikan yang lain. Lalu bagaimana hukumnya? Simak sampai habis artikel ini ya!

Baca Juga: Doa Pembuka Rezeki Sesuai Sunnah, Yuk Amalkan Setiap Hari

Hukum puasa weton

Tidak ada ayat Al-Qur'an yang secara gamblang memerintahkan atau melarang puasa weton. Oleh sebab itu, para ulama mengatakan bahwa puasa tersebut menurut agama Islam hukumnya mubah (boleh).

Bahkan, sebagian ulama lain berpandangan bahwa puasa weton hukumnya sunnah sebagaimana dikatakan dalam beberapa hadis Nabi Muhammad saw.

Dari Abu Qatadah Al-Anshari ra, ia berkata, "Rasulullah saw pernah ditanya tentang puasa hari Senin, maka beliau bersabda, 'Pada hari itu aku dilahirkan dan pada hari itu pula wahyu diturunkan kepadaku.” (HR. Muslim).

Baca Juga: 5 Amalan Sunnah Bulan Muharam yang Bisa Bikin Muslim Panen Pahala

Kemudian dalam hadis lain dari Aisyah ra, ia berkata, "Rasulullah saw biasa puasa Senin Kamis. Lalu ditanya tentang hal itu, maka beliau bersabda, 'Pada hari-hari itu amal-amal diperlihatkan kepada Rabb semesta alam, maka aku suka jika amalku diperlihatkan sedangkan aku berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Niat dan tata cara puasa weton

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini