Hukum Zina dalam Islam, Dalil, hingga Jenis-jenisnya

Hadi Mulyono
Selasa 21 Maret 2023, 22:02 WIB
Ilustrasi zina. (Sumber : pexels.com/Anna Shvets)

Ilustrasi zina. (Sumber : pexels.com/Anna Shvets)

LABVIRAL.COM - Berbuat zina adalah salah satu dosa besar yang wajib dihindari setiap muslim karena bisa mendatangkan banyak kemudharatan.

Dalam artikel ini, Labviral.com akan membahas tentang hukum zina dalam Islam, dalil larangan berzina, hingga jenis-jenisnya.

Tanpa perlu berlama-lama langsung saja simak sampai habis uraian di bawah ini yuk. Keep scrolling!

Baca Juga: 3 Doa agar Terhindar dari Siksa Neraka yang Pedih, Yuk Amalkan Setiap Hari!

Apa itu zina?

Kata zina berasal dari Bahasa Arab yang mempunyai arti persetubuhan antara laki-laki dan perempuan tanpa menikah terlebih dahulu.

Sedangkan menurut istilah, zina adalah memasukkan alat kelamin laki-laki ke dalam alat kelamin perempuan yang bukan muhrim tanpa melalui jalan pernikahan.

Adapun menurut pandangan Mazhab Imam Syafi’i, suatu perbuatan yang bisa dikategorikan dalam perbuatan zina ialah apabila ujung kemaluan laki-laki bertemu dengan kemaluan perempuan meski hanya sebagian dalam keadaan syahwat.

Baca Juga: Bacaan Doa Naik Mobil Lengkap, Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Hukum zina dalam Islam

Zina merupakan suatu perbuatan yang dilarang keras dalam Islam karena termasuk dosa besar dan larangannya sudah jelas tercantum di dalam Al-Qur’an.

Beberapa ayat tentang zina menjadi dasar diharamkannya perbuatan maksiat ini seperti Surah Al-Isra’ ayat 32, bunyinya sebagai berikut:

Walaa taqrobuzzina innahuu kaana faahizyatan wa saa a sabilla.

Baca Juga: Amalkan Setiap Pagi Yuk! 2 Doa Ini Bisa Bikin Rezeki Enggak Habis-habis

Artinya: “Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Isra' Ayat 32)

Ayat tersebut dengan tegas menyatakan bahwa untuk mendekati zina saja dilarang apalagi melakukannya.

Dalam ayat lain tepatnya Surah Al-Furqan: 68-69 bahwa zina merupakan perbuatan maksiat yang wajib dihindari oleh seluruh umat Islam.

Baca Juga: Doa Nabi Isa yang Bisa Bikin Rezeki Datang dengan Cara Tak Terduga

Walladziina laa yad'na ma'allahi ilaahan aakhara wa laa yaqtulnan-nafsallatii arramallaahu illaa bil-aqqi wa laa yaznn, wa may yaf'al dzaalika yalqa asaamaa. Yuaa'af lahul-'adzaabu yaumal-qiyaamati wa yakhlud fhii muhaanaa.

Artinya: "Dan orang-orang yang tidak menyembah Tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya) (68) (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina (69)."

Macam-macam zina

Menurut para ulama, zina terbagi menjadi beberapa jenis tidak hanya sebatas memasukkan kelamin laki-laki ke kemaluan perempuan tanpa melalui jalan pernikahan.

Baca Juga: 2 Macam Bacaan Doa Iftitah Lengkap, Arab Latin dan Terjemahan

Apa saja jenis-jenis zina yang perlu dihamapi setiap manusia? Lanjut simak artikel ini yuk!

1. Zina Al-Laman

Pertama, ada zina Al-Laman yang dilakukan menggunakan panca indera salah satunya zina mata Ketika seseorang melihat lawan jenis dengan syahwat.

"Telah diterapkan bagi anak-anak Adam yang pasti terkena, kedua mata zinanya adalah melihat, kedua telinga zinanya adalah mendengar, lisan zinanya adalah berkata-kata, tangan zinanya adalah menyentuh, kaki zinanya adalah berjalan, hati zinanya adalah keinginan (hasrat) dan yang membenarkan dan mendustakannya adalah kemaluan." (HR. Muslim).

Baca Juga: Hukum Doa Iftitah dalam Salat dan Bacaannya Sesuai Sunnah

2. Zina Muhsan

Kedua, ada zina muhsan. Secara istilah, zina muhsan adalah perbuatan bersenggama yang dilakukan laki-laki dan perempuan di mana salah satu atau dua-duanya telah mempunyai suami atau istri.

Sederhananya, zina muhsan bisa dikatakan sebagai perbuatan perselingkuhan karena menkhianati pasangannya yang sah.

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Lengkap, Arab, Latin dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

3. Zina Ghairu Muhsan

Ketiga, ada zina ghairu muhsan. Artinya adalah hubungan seksual yang dilakukan laki-laki dan perempuan tanpa melewati jalur pernikahan terlebih dahulu.

Seringkali pasangan yang belum menikah terbawa hawa nafsu sehingga nekat melakukan zina jenis ini.

Baca Juga: 2 Bacaan Doa Sesudah Sholat Witir Lengkap dengan Artinya

Demikian pengertian, hukum dan macam-macam zina yang harus diketahui sekaligus dihindari oleh kita sebagai umat Islam. Wallahu a’lam.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini