Mengenal Obat Tradisional: Jenis-jenis dan Cara Mengetahui Keamanannya

Sunardi
Kamis 16 Maret 2023, 13:32 WIB
Ilustrasi bahan obat tradisional. (Sumber : Freepik.com/xb100)

Ilustrasi bahan obat tradisional. (Sumber : Freepik.com/xb100)

LABVIRAL.COM - Obat tradisional merupakan bahan atau ramuan yang berasal dari tumbuhan, hewan, mineral, atau campuran yang digunakan sebagai pengobatan. Obat tradisional muncul sejak ribuan tahun karena sudah digunakan secara turun-temurun dalam masyarakat.

Obat tradisional biasanya digunakan dalam pengobatan alternatif atau komplementer. Obat tradisional digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang lebih serius.

Namun, perlu diingat bahwa keamanan dan efektivitas obat tradisional belum sepenuhnya teruji melalui uji klinis yang sama dengan obat kimia.

Lalu, apa saja jenis-jenis obat tradisional yang ada di Indonesia? Secara umum, jenis obat tradisional di Indonesia terbagi menjadi tiga jenis, yakni jamu, obat herbal terstandar (OHT), dan fitofarmaka.

Baca Juga: Perbedaan Obat Tradisional dan Obat Kimia, Mana yang Lebih Mujarab?

Baca Juga: Segudang Manfaat Daun Saga Sebagai Obat Tradisional, Apa saja ya ?

1. Jamu

Ilustrasi: resep jamu kunyit asem anti ribet.

Jamu merupakan obat tradisional yang berbahan dasar tumbuhan dan diolah menjadi serbuk, pil, atau cairan yang langsung diminum. Jamu ini adalah jenis obat tradisional yang sudah ada sejak turun-temurun dari para leluhur.

Satu macam jamu bisa terbuat dari campuran 5-10 macam tanaman. Bahkan mungkin bisa lebih dari jumlah campuran tersebut. Seperti halnya adanya campuran dari akar, batang, daun, kulit, buah, dan biji dari tumbuhan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini