Jangan Asal, Ketahui Posisi Tidur Penderita Skoliosis yang Benar

Sunardi
Minggu 06 Agustus 2023, 17:21 WIB
Ilustrasi seseorang sedang tidur. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi seseorang sedang tidur. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Kondisi skoliosis merupakan kelainan yang bisa membuat pengidapnya memiliki kelengkungan tulang belakang tidak normal. Kelainan tersebut seperti membentuk huruf atau C. Oleh karena itu, sangat penting untuk posisi tidur penderita skoliosis yang perlu diperhatikan.

Para pengidap skoliosis in memang harus benar-benar memperhatikan posisi tidurnya. Pasalnya, penderita skoliosis tidak bisa tidur dengan sembarangan, karena bisa menyebabkan tulang nyeri.

Lalu, seperti apa posisi tidur penderita skoliosis yang perlu diperhatikan? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Cerita Fuji Kaget Didiagnosis Idap Skoliosis, Langsung Nangis

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Skoliosis, Penyebab, dan Gejalanya

Posisi Tidur Penderita Skoliosis yang Perlu Diperhatikan

  • Terlentang

Posisi tidur penderita skoliosis yang perlu diperhatikan pertama yakni terlentang. Dengan posisi seperti ini bisa menjadi yang terbaik karena berat badan didistribusikan secara merata di seluruh tubuh.

Oleh karena itu, tidak ada tekanan tambahan pada salah satu sisi tulang belakang. Selain itu, tidur telentang pada kasur yang kokoh dapat membantu mengurangi kelainan lengkung tulang belakang yang menyebabkan postur bungkuk yang dikenal sebagai hiperkifosis.

  • Miring

Posisi tidur penderita skoliosis yang perlu diperhatikan berikutnya yakni miring. Dengan tidur dalam posisi miring, tentu penderita skoliosis dapat mengurangi ketegangan saraf dan menjaga tulang belakang tetap lurus dan netral. Posisi ini juga dapat meningkatkan sirkulasi otak dan kualitas tidur, serta mengurangi risiko sleep apnea.

Pilih salah satu dari dua posisi tidur yang disarankan ini, ya. Posisi tengkurap tidak nyaman lantaran membuat punggung melengkung dan menempatkan leher pada posisi yang tidak nyaman, menempatkan tekanan tambahan pada tulang belakang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini