8 Manfaat Madu untuk Kesehatan, dari Imunitas hingga Turunkan Berat Badan

Aprilia
Kamis 23 Maret 2023, 09:43 WIB
Ilustrasi madu asli. (Sumber : Freepik.com/Racool_studio)

Ilustrasi madu asli. (Sumber : Freepik.com/Racool_studio)

LABVIRAL.COM - Madu merupakan cairan manis yang dihasilkan oleh lebah madu menggunakan nektar pada tanaman berbunga. Di dalam sarangnya, lebah berulang kali mengkonsumsi, mencerna dan memuntahkan kembali nektar. Madu mengandung sebagian besar gula serta campuran asam amino, vitamin, mineral, zat besi, zink dan antioksidan. Sehingga ada banyak manfaat madu untuk kesehatan.

Melansir dari healthline, dalam setiap 100 gram madu mengandung berbagai jenis kandungan gizi, yaitu protein 0,3 gram, karbohidart 79,5 gram, serat 0,2gram, fosfor 16 miligram, natrium 6 miligram, kalium 26,9 miligram, kalsium 5 miligram, besi 0,9 miligram, tembaga 0,04 miligram, seng 0,2 miligram, vitamin C 4 miligram, niacin (vitamin B3) 0,1 miligram dan riboflavin (vitamin B2) 0,04 miligram.

Membaca kandungan gizi yang terdapat di dalam madu, nggak heran kalau madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Inilah manfaat madu untuk kesehatan yang perlu kamu tahu:

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Madu yang bermanfaat untuk kesehatan.

Senyawa fironutrian pada madu diklaim dapat memperkuat sel imun tubuh. Selain itu madu juga dipercaya sebagai antibakteri dan antijamur.

Baca Juga: Madu Hangat Berbahaya? Begini Penjelasan Ahli

Baca Juga: Apa Madu Bisa Turunkan Kadar Gula Darah dan Kolesterol Jahat? Ini Penjelasan Khasiatnya


2. Membantu menjaga kesehatan jantung

Ilustrasi pemeriksaan kesehatan jantung.

Kandungan fenol dalam madu yang tinggi dan senyawa antioksidan lain berfungsi untuk melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis atau pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.


3. Menangkal radikal bebas

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini