Apa Madu Bisa Turunkan Kadar Gula Darah dan Kolesterol Jahat? Ini Penjelasan Khasiatnya

Sunardi
Minggu 12 Maret 2023, 15:15 WIB
Madu murni dari alam baik bagi kesehatan (Sumber : freepick.com)

Madu murni dari alam baik bagi kesehatan (Sumber : freepick.com)

LABVIRAL.COM - Bagi kamu yang mempunyai penyakit gula alias diabetes, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman manis. Penyakit diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah terlalu banyak. Hal ini akibat konsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan.

Namun, penderita diabetes tidak dilarang meminum madu. Madu dipercaya mengandung banyak khasiat. Madu dapat dijadikan alternatif pemanis bagi penderita diabetes. Lalu, apakah khasiat madu juga bisa menurunkan kadar gula darah dan kolesterol?

Madu dan penderita masalah gula darah

Cek kadar gula darah

Cairan yang berasal dari sarang lebah dan bunga ini memiliki rasa manis. Di dalam madu banyak mengandung gula tetapi juga mengandung senyawa yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Hal tersebut dikarenakan madu mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan inflamasi dalam tubuh.

Selain itu, madu juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Madu dapat bermanfaat dan menjadi alternatif bagi penderita diabetes atau orang-orang yang memiliki masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan gula darah.

Madu memang bisa sebagai alternatif pengganti gula. Di dalam pemanis gula terdapat kandungan glikemik tinggi. Glikemik merupakan zat karbohidrat yang berada di dalam gula darah. Sedangkan kandungan pada madu memiliki angka indeks glikemik yang rendah.

Madu dan kolesterol jahat

Ilustrasi kolesterol jahat dalam tubuh

Selain bantu menurunkan kadar gula darah, madu juga bisa membantu menurunkan dan menjaga kadar kolesterol. Kolesterol adalah lemak yang menyerupai alkohol, bentuknya berkilau seperti mutiara, dan terdapat di dalam sel tubuh manusia.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini