Jangan Ragu Sumbang Darah! Kamu Harus Tahu Manfaatnya

Ananta
Senin 13 Maret 2023, 00:29 WIB
Ilustrasi donor darah (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi donor darah (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Memang benar dengan donor darah kamu bisa menyelamatkan satu nyawa bahkan lebih, selain itu dengan kita mendonorkan darah bisa banget membantu untuk persedian stok darah di rumah sakit. Dikatakan sendiri oleh Palang Merah Amerika (American Red Cross) dengan sekali donor darah aja kamu bisa dapat menyelamatkan 3 jiwa.

Gak cuma itu doang lho, dengan donor darah kita juga bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk itu kamu bisa banget tengok manfaat dari donor darah di bawah ini ya!

1. Meningkatkan Produksi Darah

Melakukan sumbang darah dengan teratur itu sangat bagus lho, selain membantu menyelamatkan nyawa orang lain dengan kamu menyumbangkan darah itu akan mengurangi kekentalah darah dan akan membantu merangsang produksi sel-sel darah baru.

Baca Juga: Ternyata Manfaat Berpuasa Seperti ini Lho untuk Kesehatan

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kayak sebelumnya dibilang tadi, dengan sumbang darah bisa mengurangi kekentalan darah ya, hal tersebut juga ternyata sangat bagus karena semakin banyak darah yang mengental membuat gesekan semakin tinggi antara darah dan pembuluh darah dan nantinya akan membuat sumbatan di pembuluh darah.

3. Menurunkan Tingkat Kolesterol dalam Tubuh

Donor darah juga mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh, Karena kekentalan darah dalam tubuh makin berkurang karena kamu sudah mendonorkan darah maka akan membuat kolesterol dalam tubuh juga akan menurun.

Baca Juga: 6 Ciri Kuku Tidak Sehat Ini Ungkap Masalah Kesehatan, Waspadai Lho!

4. Mencegah Penuaan Dini

Apa sih alasannya sumbang darah tuh bisa membuat kamu awet muda? Karena dengan donor darah membantu kulit bergenerasi secara sempurna.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Tentu aja jika kamu habis melakukan sumbang darah, darah dalam tubuh akan berkurang dan pastinya harus ada penyesuaian pada tubuh juga. Nah penyesuaian itulah yang dibutuhkan juga oleh tubuh saat mengalami luka yang mengakibatkan berkurangnya sel darah merah.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini