Pengertian dan Perbedaan HTTP dan HTTPS dalam Internet

Yowan R
Minggu 06 Agustus 2023, 05:00 WIB
Perbedaan HTTP dan HTTPS (Sumber : ziidev.com)

Perbedaan HTTP dan HTTPS (Sumber : ziidev.com)

LABVIRAL.COM - Saat membuka website sebenarnya kamu dapat melihat apakah website yang kamu kunjungi ini aman untuk diakses atau tidak. Untuk mengetahuinya, kamu dapat melihat keterangan pada kolom bar addres di browser yang kamu gunakan.

Jika website tersebut diikuti dengan keterangan https://, maka website tersebut sudah tervalidasi aman. Tapi, jika website disertai dengan keterangan "Not Secure", maka website tersebut masih menggunakan protokol standar berbentuk HTTP yang tidak terjamin keamanannya.

Lalu, apa sih sebenarnya HTTP dan HTTPS, apa saja perbedaannya?

Pengertian HTTP dan HTTPS

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure), keduanya merupakan jenis protokol jaringan yang berfungsi untuk memberikan izin akses pertukaran informasi antara client server dengan web server.

Contohnya, saat kamu mengakses suatu website, pada proses HTTP bekerja dengan memberikan izin atau menolak akses yang dilakukan dari client server ke web server.

Sementara itu, HTTPS berfungsi untuk memastikan proses perizinan maupun pertukaran informasi tersebut dijalankan melalui sistem keamanan yang terjamin. HTTPS juga bisa dikatakan sebagai bentuk pengembangan dari HTTP.

HTTPS menggunakan metode enkripsi pada setiap informasi yang akan dikirim ke luar server dalam prosesnya. Sehingga tidak ada satu orang pun yang dapat mengakses atau mengetahui informasi tersebut kecuali si penerima. Sedangkan untuk HTTP, tidak dapat menjamin informasi tersebut akan sampai dengan aman ke tujuan, tanpa adanya kebocoran data.

Jadi, pada website yang belum menerapkan metode enkripsi masih memiliki risiko yang tinggi terkait keamanan, khususnya dengan ancaman serangan virus ataupun malware.

Perbedaan dari HTTP dan HTTPS

HTTPS mengamankan koneksi dengan protokol keamanan digital menggunakan kunci kriptografi untuk mengenkripsi dan memvalidasi data. Untuk menggunakan HTTPS dan mengamankan domain, kamu memerlukan sertifikat SSL/TLS.

Meskipun TLS kini secara umum sudah menjadi standar untuk HTTPS, sebagian besar sertifikat SSL mendukung baik protokol SSL maupun TLS.

HTTP adalah protokol lapisan aplikasi yang digunakan web browser dan web server untuk berkomunikasi melalui internet.

Saat kamu membuka atau berinteraksi dengan halaman web, web browser akan mengirimkan permintaan HTTP ke server asal yang menghosting file website. Permintaan ini pada dasarnya adalah baris teks yang dikirim melalui internet.

Kemudian, koneksi akan dibuat antara browser dan server, lalu server akan memproses permintaan dan mengirimkan kembali respons HTTP. Dengan demikian, halaman web pun bisa diakses oleh pengunjung website.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini