Kelebihan Sepeda Motor Kopling Manual Dibandingkan Motor Matic dan Cara Mengendarainya Khusus Bagi Pemula

Yowan R
Senin 21 Agustus 2023, 21:04 WIB
Ilustrasi mengendarai motor kopling manual (Sumber : suzuki.co.id)

Ilustrasi mengendarai motor kopling manual (Sumber : suzuki.co.id)

LABVIRAL.COM - Motor kopling manual adalah motor yang menggunakan mekanisme transmisi manual dengan saluran tenaga yang dihasilkan mesin ke transmisi, yang selanjutnya akan terhubung ke roda penggerak. Kopling manual yang digunakan ini akan menjadi sambungan mekanis untuk menghubungkan dua poros berputar secara permanen.

Meskipun dalam penggunaannya, motor kopling manual ini lebih ribet daripada motor matic, namun motor kopling manual memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh motor matic.

Meskipun demikian, saat ini motor matic menjadi salah satu jenis motor yang paling diminati karena pengoperasiannya yang sangat mudah. Pengendara hanya perlu mengatur gas dan rem saja, tanpa harus berpikir untuk memindahkan transmisi.

Nah, untuk kelebihan dari motor kopling manual dari motor matic sendiri, kamu bisa lihat di bawah ini:

  • Motor kopling lebih cocok untuk berkendara jarak jauh
  • Perpindahan gigi atau transmisi dapat diatur, sehingga pengendara dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan
  • Dapat menyesuaikan tenaga yang dihasilkan mesin melalui transmisi
  • Memiliki engine brake yang lebih optimal
  • Biaya perawatan murah dan perawatan lebih mudah

Lalu, bagaimana cara mengendarai motor kopling manual yang cocok bagi para pemula?

Bagi sebagian orang mengendarai dan memahami cara kerja motor kopling manual ini justru membingungkan. Padahal, untuk mengendarai motor kopling manual ini sebenarnya cukup mudah dilakukan.

Untuk mengendarai motor kopling manual bagi para pemula, bisa ikuti beberapa cara yang dikutip dari laman Wahana Honda berikut ini:

  • Saat memulai, pastikan motor di posisi gigi netral, hidupkan mesin lalu tarik tuas kopling, injak tuas transmisi ke posisi gigi 1, kemudian putar gas bertahap sambil lepas tuas kopling perlahan.
  • Selama proses putar gas dan lepas tuas kopling lakukan secara perlahan, dan motor pun akan melaju secara bertahap dengan halus.
  • Setelah motor sudah berjalan mulus, tangan bisa dilepaskan dari tuas kopling dan kembali tarik tuas hanya dalam keadaan tertentu.
  • Tuas kopling bisa kembali ditarik pada kondisi saat ingin naik dan turun gigi atau pada saat ingin berhenti.
  • Jika mesin motor mendadak mati saat dikendarai, jangan panik. Ini bisa disebabkan oleh kombinasi antara bukaan gas dan tuas  kopling yang tidak pas.
  • Kebiasaan meletakkan tangan di tuas kopling sebaiknya tidak dilakukan, karena dapat membuat kampas kopling motor cepat aus.
  • Selain itu, laju motor jadi terasa tertahan kalau terlalu lama melepas tuas kopling meskipun gas sudah dibuka.
  • Supaya motor  bisa melaju dengan baik, naikkan gigi kalau putaran mesin sudah menyentuh limit,  kemudian turunkan gigi secara bertahap jika kondisi mulai melambat.

Nah, itulah tadi kelebihan dari motor kopling manual dibandingkan dengan motor matic, dan bagaimana cara mengendarai motor kopling manual yang benar bagi para pemula.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini