3 Jenis Kopling Sepeda Motor yang Wajib Diketahui

Andi Syafriadi
Minggu 26 Maret 2023, 04:46 WIB
Illustrasi (Sumber: Pinterest)

Illustrasi (Sumber: Pinterest)

LABVIRAL.COM- Apakah kamu tahu apa yang dinamakan kopling, dan apa fungsi kopling pada sepeda motor yang kamu miliki?

Kopling adalah komponen yang berfungsi sebagai pemutus tenaga mesin ke transmisi secara spontan dan halus. Kopling ini diperlukan untuk meneruskan perputaran poros engkol ke transmisi dan Pelepas hubungan antara poros engkol dengan transmisi ketika memindahkan gigi.

Kopling juga memiliki jenis yang beragam apa saja jenisnya? Secara umum kopling yang biasa digunakan pada sepeda motor ada 3 jenis, yaitu kopling manual, kopling sentrifugal dan kopling ganda.

Baca Juga: Berikut Pilihan Karburator Biar Motor Kalian Semakin di Depan!

Kopling Manual

Sistem kopling manual adalah mekanisme pemutus tenaga dari mesin menggunakan beberapa plat kopling yang dioperasikan dengan cara manual melalui sebuah tuas. Tuas kopling ini biasanya diletakkan pada stang bagian kiri karena stang bagian kanan digunakan untuk tuas pengereman roda depan.

Cara kerja kopling manual adalah memanfaatkan gesekan antara dua plat kopling, saat plat kopling terhubung maka putaran mesin bisa berlanjut pada transmisi. Tetapi saat tuas kopling ditarik, maka kedua plat akan merenggang dan putaran mesin akan terputus.

Kopling dengan jenis ini banyak digunakan pada sepeda motor sport karena kopling ini memiliki kelebihan menghasilkan kerugian tenaga mesin yang sedikit sehingga tenaga yang dihasilkan dan kecepatan sepeda motor menjadi besar.

Baca Juga: Tips Repaint Body Motor dengan Cat Kaleng agar Hasilnya Istimewa!

Kopling Sentrifugal

Kopling sentrifugal biasanya disebut dengan kopling otomatis. Kopling sentrifugal tidak menggunakan gesekan antara dua plat kopling, tetapi menggunakan gesekan antara kampas kopling dengan rumah kopling.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini