Sakit Pinggang Setelah Touring atau Perjalanan Jauh Pakai Motor, Begini Cara Atasinya Supaya Badan Langsung Fit Kembali

Aci
Rabu 23 Agustus 2023, 20:36 WIB
Ilustrasi touring sepeda motor (Sumber : eigeradventure.com)

Ilustrasi touring sepeda motor (Sumber : eigeradventure.com)

LABVIRAL.COM - Touring dengan sepeda motor sudah menjadi gaya hidup yang cukup kental di kalangan masyarakat, tidak hanya anak muda saja.

Touring merupakan sebuah kegiatan sekelompok orang yang berkendara dengan jarak jauh dengan menggunakan kendaraan berupa motor.

Baik kaum muda maupun tua, pada umumnya sangat menyukai kegiatan tersebut, terlebih jika dia salah satu anggota klub motor. 

Namun, perlu dimaklumi bahwa melakukan perjalanan jauh dengan motor sering membuat sakit pinggang. Hal tersebut cukup mengganggu, terlebih setelah touring besoknya diharuskan bekerja kembali.

Baca Juga: Deretan Motor Touring Bekas di Bawah Rp50 Juta

Tenang, untuk sobat yang suka touring, tapi takut sakit pinggang, berikut ini Labviral.com bagikan tips atasi sakit pinggang setelah naik motor. Yuk disimak tips berikut ini!

Baca Juga: 13 Barang Bawaan Wajib Dibawa Saat Touring Motor, Pastikan Punya Duit dan Sehat Jasmani Rohani!

Lakukan peregangan

Setelah berkendara seharian, wajar saja bila pinggang ataupun punggung terasa pegal dan kaku. Saat hal tersebut sudah mulai dirasakan sebaiknya kamu mulai melakukan peregangan.  

Lakukan peregangan atau latihan yang tidak terlalu berat, mulailah dengan melakukan peregangan yang dapat mengembalikan fleksibilitas. 

Salah satu peregangan yang paling efektif adalah bridging. Baringkan tubuh, lalu tekuk lutut, dan biarkan telapak kaki menyentuh lantai. Kencangkan otot perut dan angkat perut plus pinggul selama 10 detik, lalu bernapas normal kembali.

Berendam dengan air hangat

Jika kamu sudah melakukan peregangan, ada baiknya Setelah kamu berendam dengan air hangat. 

Merendam diri dalam air hangat dapat mengendurkan dan merelaksasikan otot-otot yang tegang akibat macet dan duduk di posisi yang sama selama berjam-jam. 

Selain itu, berendam dalam air hangat juga dapat melancarkan sirkulasi darah serta merangsang produksi hormon dopamin untuk melawan stres dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Artis Cantik ini Jago Kendarai Moge, Ada yang Doyan Touring Berhari-hari

Kompres air hangat

Terkadang, setelah berkendara menggunakan motor dengan waktu yang cukup lama. Tak jarang terdapat beberapa bagian tubuh yang terasa bengkak. 

Saat hal tersebut terjadi,ada baiknya kamu segera mengompres bagian tubuh yang bengkak tersebut dengan air hangat.  Kompres hangat bagus untuk merangsang aliran darah ke daerah yang nyeri.

Gunakan penghilang sakit topikal

Jika pegal yang kamu rasakan cukup kuat, tidak ada salahnya kamu untuk mengkonsumsi penghilang nyeri otot topikal berupa krim atau koyo. Karena itu, kamu bisa mengaplikasikan koyo atau krim penghilang rasa sakit yang menimbulkan sensasi panas itu setelah berendam dalam air hangat.

Pilihlah obat yang mengandung metampiron, parasetamol, dan ibuprofen. Biasanya, tak lama sesudah mengkonsumsi obat ini, rasa nyeri akan langsung berkurang.

Baca Juga: Yang Perlu Diperhatikan Saat Touring Berkelompok

Tidur dengan posisi telentang

Tidur dengan posisi terlentang dianggap sebagai posisi terbaik saat Anda sedang mengalami sakit pinggang. Sebab, punggung berada dalam posisi lurus sehingga berat tubuh dapat tertolong dengan baik.

Nah sobat viral, itu dia tips atasi sakit pinggang akibat kelelahan naik motor. Semoga bermanfaat ya, jadi mulai sekarang jangan takut sakit pinggang kalau mau touring.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini