10 Cara Paling Praktis Atasi Ban Tubeless yang Sering Kempes, Gaya Berkendara Juga Menentukan Usia Ban

Annisa Fadhilah
Kamis 31 Agustus 2023, 13:38 WIB
10 Cara Paling Praktis Atasi Ban Tubeless yang Sering Kempes, Gaya Berkendara Juga Menentukan Usia Ban (FOTO: Astra Motor)

10 Cara Paling Praktis Atasi Ban Tubeless yang Sering Kempes, Gaya Berkendara Juga Menentukan Usia Ban (FOTO: Astra Motor)

LABVIRAL.COM - Ban tubeless banyak digemari pemilik kendaraan, karena menghemat biaya perawatan karena tidak sering bocor. Namun tentu, hal ini tidak menjamin ban ini tidak akan bocor. Ban tubeless tidak menggunakan ban dalam sehingga jarang bocor atau kempes.

Namun ada juga faktor eksternal yang mempengaruhi kempesnya ban tubeless, seperti tersangkut benda tajam atau velg motor atau mobil yang bengkok.

Untuk meminimalisirnya, berikut cara mengatasi ban tubeless yang sering kempes.

Baca Juga: 42 Fitur Mitsubishi Xpander yang Bikin Si Ganteng Ini Makin Cocok untuk Mobil Keluarga

1. Cari titik lubangnya

Langkah utama mengatasi ban tubeless yang sering kempes adalah dengan mencari lubang pada permukaannya. Akan sulit untuk segera memperbaikinya jika penyebab kebocoran tidak diketahui. Kamu harus hati-hati dan teliti memeriksa permukaan ban.

Jika kesulitan, coba gunakan campuran sabun dan air. Pertama, cuci permukaan ban, lalu siram dengan air sabun. Secara umum, gelembung akan muncul pada titik lubang. Lalu jangan lupa menandainya dengan selotip bening atau kuas.

2. Tambal bagian berlubang

Ban tubeless pada sepeda motor dan mobil seringkali kempes, apalagi jika kondisi ban kurang baik dan tertancap benda tajam. Solusinya adalah dengan menutup lubang tersebut.

Kamu tidak perlu melakukan kesalahan lagi karena kamu sudah tahu dimana titik lubang. Menariknya, perbaikannya atau penambalannya juga bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan mekanik.

Jika ingin mencobanya, lakukan perbaikan ban dengan teknik ban cacing. Perbesar lubang dengan alat pengait, lalu masukkan string tubeless ke dalam lubangnya. Namun jika hal ini terasa sulit bagi kamu, pertimbangkan untuk membawa motor ke bengkel untuk ditangani oleh mekanik berpengalaman.

3. Ganti pentil ban

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini