Tips Mudik Anti Mual, Baca Sebelum Muntah!

Aci
Rabu 22 Maret 2023, 15:28 WIB
Ilustrasi mabuk di perjalanan dengan mobil. (Sumber : INSTAGRAM/suna_r)

Ilustrasi mabuk di perjalanan dengan mobil. (Sumber : INSTAGRAM/suna_r)

LABVIRAL.COM - Euforia mudik Lebaran mulai terasa. Jalan-jalan luar kota akan dipenuhi dengan kendaraan para pemudik Indonesia. Mudik Lebaran merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang sudah ada sejak lampau.

Mengingat dua tahun sebelumnya mudik dilarang oleh pemerintah karena wabah Covid-19 yang menguat, kini di tahun 2023 ini, pemerintah telah memberikan izin untuk masyarakat dapat melakukan tradisi yang sempat tertahan tersebut.

Berbagai jenis kendaraan akan sibuk saat mudik, mulai dari kendaraan darat, udara sampai dengan kendaraan laut. Salah satu kendaraan yang paling sibuk adalah mobil.

Mudik menggunakan mobil memang akan lebih efisien; selain dapat memuat banyak penumpang, menggunakan mobil juga akan membuat kebersamaan keluarga lebih terasa. Meski demikian, saat ini masih banyak orang yang mabuk saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil. 

Baca Juga: Siap-siap Mudik 2023! Tiket Kereta Api H-10 dan H+10 Lebaran Sudah Bisa Dipesan

Nah, untuk kamu yang mabuk saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil, berikut Labviral.com, kasih tahu tips menghilangkan mabuk tanpa harus batal puasa. Yuk, disimak ya!

1. Cari tempat ternyaman

Hal pertama untuk menghindari mual saat melakukan perjalanan mudik, yaitu kamu harus mencari tepat yang bisa membuatmu nyaman. Sebaiknya, kamu duduk di dekat jendela, jangan di tengah dan jangan di belakang. Di belakang, guncangan akan begitu terasa, dan itu tidak baik untuk orang yang mudah mual saat di perjalanan. Sedangkan di tengah, akan membuatmu jenuh sehingga mudah mual. 

2. Jangan main HP

Jika kamu salah satu orang yang mudah mabuk perjalanan, sebaiknya jangan main HP saat di mobil. Karena, menatap layar HP saat dalam perjalanan dapat memicu mual. 

Baca Juga: Tips Beburu Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran 2023

3. Lihat pemandangan

Jika rasa mual muncul, kamu dapat meredamnya dengan cara memperhatikan pemandangan. Ingat, jangan main HP, tapi perhatikan pemandangan hijau, seperti sawah ataupun pepohonan di sepanjang jalan.

Kamu dapat melihat objek yang jaraknya agak jauh dari posisi kamu, karena cara ini dianggap cukup efektif; bisa membuat tubuh beristirahat secara tidak langsung.

4. Ngobrol

Mengobrol juga menjadi salah satu cara untuk mecegah mual, ataupun menghilangkan mual yang melanda. Cara ini juga terhitung ampuh karena pikiran menjadi teralihkan. Pikiran menjadi lebih tenang dan dapat bekerja dengan lebih santai karena obrolan yang dilakukan. 

5. Pejamkan mata

Setelah keempat cara di atas, cara terakhir untuk tidak merasakan mual yaitu dengan tidur. Jika kamu tidak mengantuk, kamu dapat memulainya dengan cara memejamkan mata, membiarkan indera penglihatan tersebut beristirahat.

Mata terpejam membuat pandangan kamu tidak terganggu oleh masalah motion sickness. Cara ini juga dapat membuat diri kamu lebih tenang karena hanya duduk dan tidak melakukan apa-apa.

Dengan memejamkan mata, juga akan lebih cepat tertidur. Rasa mual yang sempat datang bisa hilang secara perlahan-lahan dengan cara ini.

Baca Juga: Tips Irit BBM untuk Kamu yang Nanti Mudik dengan Mobil

Nah, itu dia beberapa cara untuk mencegah dan meredam mual yang melanda. Semoga perjalanan mudik kamu lancar dan selamat sampai tujuan. Happy mudik 2023.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini