Gak Cuma Safety Driving, Defensive Driving Juga Wajib Kamu Tahu Lho!

Aci
Sabtu 25 Maret 2023, 16:41 WIB
apakah kamu tahu apa itu defensife driving?

apakah kamu tahu apa itu defensife driving?

LABVIRAL.COM - Bagi seorang bikers, istilah safety driving pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Tapi bagaimana dengan defensive driving? Yap, apakah kamu tahu apa itu defensife driving?

Defensive driving adalah perilaku pengemudi yang lebih mengedepankan kewaspadaan terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain. Pengemudi yang melakukan defensive driving, biasanya lebih berpikir secara matang mengenai tindakan yang akan diambil ketika berkendara. Defensive driving bisa juga disebut sebagai soft skill dalam berkendara.

Sebagai seorang bikers, tentu saja memahi defensive driving merupakan keharusan yang dimiliki. Sebab, salah satu faktor penyebab kecelakaan di jalan raya sebenarnya adalah perilaku sang pengendara sendiri.

Lalu, seperti apa cara bekerndara yang aman sesuai dengan defensive driving? Berikut Labviral.com,jelaskan cara bekendara yang aman sesuai defensive driving. Yuk, disimak!

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Supaya Nggak Selip Saat Berkendara di Jalan yang Licin

Pahami etika berkendara

Etika memang sangat diperlukan, dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam berkendara. Saat kamu berkendara, gunakanlah etika yang baik. Etika yang baik akan sangat berpengaruh dalam keselamatan diri sendiri dan juga orang yang ada di sekitar kamu.

Salah satu etika yang baik saat berada di jalan ialah kamu harus dapat menilai kondisi terlebih dahulu, sebelum mengambil keputusan apapun saat berkendara. Misalnya, tidak nekat memotong jalur pengendara lain, berpindah jalur tanpa menyalakan sein sebelumnya, maupun mendahului kendaraan di depan tanpa perhitungan.

Baca Juga: Ingat, Main HP Saat Berkendara Bisa Dipenjara!

Pentingnya defensive riding di jalan

Menerapkan defensive riding sangatlah penting dilakukan. Terlebih dengan jumlah kendaraan yang kian bertambah, sepeda motor dinilai berisiko tinggi terhadap kecelakaan di jalan. Oleh karena itu, kamu perlu membekali diri dengan keterampilan serta pengalaman berkendara alias skill-based riding, langkah-langkah mengendarai motor sesuai standar keselamatan, serta senantiasa waspada.

Baca Juga: Hindari 4 Hal Ini Saat Berkendara Malam Hari, Wajib Hati-hati!

Contoh defensive riding

Saat bekendara, menyalip bukanlah hal yang baru, terlebih jika ada kendaraan lain yang berjalan lambat di depanmu, padahal kondisi di depannya kosong. Tentu saja, hal tersebut membuat kamu gatal ingin menyalipnya kan?

Menyalip memang sah-sah saja, terutama jika memang berada di posisi seperti di atas. Tapi alangkah baiknya jika kamu hendak menyalip, perhatikan juga keadaan jalan sekitar kamu.

Sebelum menyalip, pastikan kamu sudah benar-benar di posisi yang pas. Pastikan ada ruang kosong di depan untuk kendaraanmu menapak. Pastikan tidak membuat kendaraan yang berada di lawan arah kamu terganggu.

Adapum saat kamu hendak berpindah jalur dari kiri ke kanan, dibutubkan teknik yang benar, agar tidak mengganggu kendaraan lain yang ada di sekitarmu.

Baca Juga: 5 Posisi Berkendara Kuat Nyetir, Agar Pengendara Gak Mudah Lelah

Sebelum berpindah sisi, nyalakan sein ke arah tujuan, dan pastikan jarak aman di sisi kiri maupun kanan. Apabila telah memastikan kondisi dan jarak aman dengan pengendara lain, barulah kamu boleh berpindah ke sisi tujuan.

Apa yang terjadi apabila kamu melakukan yang sebaliknya?

Baca Juga: Penting! Keselamatan Berkendara, Pahami Danger Prediction

Hal tersebut berisiko memotong jalur pengemudi lain, yang akhirnya meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Maka saat berada di jalan raya, pekalah terhadap kondisi jalan tersebut, agar kamu tidak asal salip ataupun ngebat ngebut.

Bagaimana, sudah paham dengan defesinve driving? Ingat, keselamatan di jalan raya itu bukan tentang diri kamu saja, tetapi tentang semua yang berada di sana. Semoga bermanfaat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini