Kuota Internet Milikmu Cepat Habis? Kenali 5 Penyebabnya Berikut Ini

Yowan R
Kamis 06 April 2023, 09:56 WIB
Ilustrasi penggunaan handphone yang membuat kuota internet cepat habis (Unsplash/Samantha Gades)

Ilustrasi penggunaan handphone yang membuat kuota internet cepat habis (Unsplash/Samantha Gades)

LABVIRAL.COM - Karena asyiknya bermain handphone, terkadang kita tidak sadar jika aktivitas di dunia media sosial ini menyebabkan kuota internet jadi lebih cepat habis. Karena itu, ada baiknya kita harus tahu apa saja yang menyebabkan kuota internet lebih cepat habis.

Kuota internet yang lebih cepat habis terkadang memaksa kita untuk membelinya lagi padahal belum genap sebulan membeli kuotanya, sehingga membuat pengeluaran bulanan untuk kuota internet menjadi membengkak.

Baca Juga: 7 Aplikasi Smartphone yang Bikin Kuota Internet Boros, Sudah Tahu Belum?

Padahal, sekarang ini hampir semua kegiatan yang dilakukan menggunakan ponsel harus mendapatkan bantuan internet. Mulai dari mendengarkan musik, menonton film, hingga mengerjakan berbagai tugas juga membutuhkan internet.

Agar kuota internetmu jadi lebih hemat, kenali terlebih dahulu beberapa penyebabnya seperti berikut ini:

1. Sinkronisasi data otomatis

Salah satu penyebab kuota internet menjadi boros yang paling sering dialami para pengguna smartphone adalah sinkronisasi data otomatis. Fitur ini terkadang sudah diaktifkan sejak pertama kali hp di jual, jadi terkadang membuat pemiliknya tidak sadar dan membuat kuota internetnya lebih boros.

Fitur sinkronisasi data otomatis ini berfungsi untuk menyinkronkan data dari server dengan smartphon tetap tersinkronisasi. Fitur ini sangat penting sebab untuk menjaga data-data yang terdapat pada smartphone tetap aman.

2. Update otomatis

Penyebab kuota internet menjadi lebih cepat habis selanjutnya adalah fitur update otomatis yang diaktifkan menggunakan data seluler. Saat fitur ini aktif menggunakan data seluler otomatis aplikasi yang kalian instal akan melakukan update tiap kali mendapatkan pembaruan.

Untuk mengakalinya, kalian bisa mematikan atau mengubah fitur update otomatis dari data seluler menjadi Wi-Fi only.

3. Terlalu sering bermain game online

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini