5 Tips Menghemat Kuota Internet Selama Perjalanan Mudik Lebaran 2023, Pemudik Wajib Tahu!

Yowan R
Jumat 21 April 2023, 08:25 WIB
Ilustrasi menggunakan HP untuk mengakses internet selama perjalanan mudik Lebaran (Sumber : pixabay.com)

Ilustrasi menggunakan HP untuk mengakses internet selama perjalanan mudik Lebaran (Sumber : pixabay.com)

LABVIRAL.COM - Untuk mengusir kepenatan selama perjalanan mudik Lebaran 2023 bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengakses internet di HP untuk mendengarkan musik, bermain game online, streaming video dan masih banyak lagi.

Tapi, jika internet terus menerus diakses, kuota data internet otomatis akan cepat habis. Nah, jika dalam perjalanan mudik ini kuota internetmu kehabisan tentu saja kamu akan kerepotan.

Karena, saat kuota internet kamu habis, mungkin kamu menjadi tidak bisa mengakses layanan internet di HP untuk memenuhi kebutuhan selama perjalanan mudik Lebaran, contohnya untuk mengakses mobile banking untuk transfer uang, menghubungi keluarga menggunakan aplikasi chatting, ataupun mengakses peta untuk rute perjalanan.

Baca Juga: 7 Aplikasi Smartphone yang Bikin Kuota Internet Boros, Sudah Tahu Belum?

Karena itu, untuk menghemat kuota selama perjalanan mudik Lebaran 2023, kamu perlu tau cara agar kuota internet tidak cepat habis. Simak caranya berikut ini:

1. Gunakan mode penghemat data

Cara pertama untuk menghemat kuota internet adalah menggunakan mode Data Saver yang biasanya disediakan pada smartphone saat ini. Saat mode Data Saver ini diaktifkan otomatis ponsel tidak akan lagi mengkonsumsi data seluler di aplikasi yang tidak digunakan. Data seluler atau kuota internet hanya berlaku pada aplikasi yang berjalan di latar belakang.

2. Gunakan pembatas data seluler

Pembatas data seluler ini bisa digunakan untuk membatasi berapa maksimal data seluler yang digunakan untuk ponsel anda dalam sehari.

3. Matikan unduhan otomatis

Cara menghemat kuota internet selanjutnya adalah dengan mematikan fitur unduhan otomatis. Terutama pada aplikasi-aplikasi yang digunakan sehari-hari seperti WhatsApp.

Karena WhatsApp ini bisa mengunduh secara otomatis foto dan video meskipun kalian tidak menginginkannya. Hal inilah yang kadang membuat kuota internet menjadi lebih cepat habis.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini