Jangan Khawatir, Ini 10 Cara Mengatasi Efek Kafein Setelah Minum Kopi

Sunardi
Kamis 06 Juli 2023, 20:23 WIB
Ilustrasi minuman yang mengandung kafein. (Sumber : Freepik.com/rawpixel.com)

Ilustrasi minuman yang mengandung kafein. (Sumber : Freepik.com/rawpixel.com)

LABVIRAL.COM - Kopi menjadi minuman yang digemari masyarakat karena rasa dan aromanya yang harum. Di samping itu, kopi juga sering dicari karena kandungan kafein di dalamnya. Tapi, kafein justru dapat memberikan efek samping jika dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara mengatasi efek kafein setelah minum kopi.

Kandungan kafein dalam kopi sebenarnya memiliki banyak manfaat. Misalnya, dapat membuatmu merasa lebih segar dan bersemangat, sehingga membantumu dalam beraktivitas. Itu mengapa kopi sering menjadi pilihan minuman untuk dikonsumsi di pagi hari.

Akan tetapi, kafein juga memiliki efek samping yang akan timbul jika mengonsumsinya secara berlebihan. Hormon adrenalin yang lepas akibat kafein dapat memicu beberapa kondisi, seperti jantung berdebar, perasaan gelisah, insomnia, hingga tremor.

Oleh sebab itu, konsumsi kafein sehari-hari perlu diperhatikan agar tak melebihi batas normal. Jika sudah mengonsumsi kafein, efeknya biasanya akan terasa 3-5 jam lamanya. Durasi tersebut tergantung pada kadar kafein yang dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Bangun Pagi, dari Minum Kopi hingga Air Putih

Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari agar Tidak Mengantuk di Siang Hari, Ada Kopi Susu

Lalu, jika sudah terlanjur mengonsumsi terlalu banyak kafein, apa yang harus dilakukan? Jangan khawatir, inilah 10 cara mengatasi efek kafein setelah minum kopi.

1. Minum banyak air

Ilustrasi air putih siap minum.Ilustrasi air putih siap minum. (freepik.com)

Cara mengatasi efek kafein setelah minum kopi yang pertama adalah dengan meminum banyak air. Jika kamu mengonsumsi terlalu banyak kafein, kamu bisa mengurangi efeknya dengan menambah air di dalam tubuhmu.

Air berfungsi untuk mempercepat keluarnya kafein dari tubuhmu melalui urin. Dengan meminum air, tubuhmu seolah dibilas dari kafein yang telah dikonsumsi, sehingga tak berlama-lama dicerna dalam tubuh.

2. Makan makanan kaya magnesium

Ilustrasi sayuran hijau.Ilustrasi sayuran hijau. (freepik.com)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini