7 Jenis Teh di Indonesia, Aroma dan Khasiatnya Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 28 Maret 2023, 07:17 WIB
Ilustrasi, jenis jenis teh di Indonesia. (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi, jenis jenis teh di Indonesia. (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Indonesia sangatlah kaya akan sumber daya alamnya. Kekayaan alam berlimpah ini salah satunya tercermin dari banyaknya jenis teh yang ada di Indonesia.

Beragam jenis-jenis teh di Indonesia ini bahkan memiliki ciri khasnya masing-masing.

Beragamnya jenis teh ini tentu menjadi daya tawar tersendiri. Selain sebagai kekayaan alam, jenis-jenis teh yang ada di Indonesia juga bisa menjadi sebuah komoditas unggul untuk di ekspor. Tak hanya dikonsumsi di pasar lokal saja, tapi bisa sampai ke mancanegara.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Kesehatan Akibat Kurang Tidur, Hindari Sebelum Terlambat!

Berikut ini adalah jenis-jenis teh yang bisa jadi rekomendasi untuk kita coba.

1. Teh hitam

Ilustrasi teh hitam yang terlihat begitu memikat. (Pixabay.,com/M. Maggs)

 

Teh hitam atau black tea ini mungkin jadi salah satu teh yang sering kita temui di Indonesia. Jenis teh yang satu ini juga menjadi salah satu produk unggulan Indonesia. Di mana negara ini mampu menempati urutan ke-5 dalam hal ekspor teh hitam.

Dilansir dari PT Perkebunan Nusantara XII, bahwa jenis teh hitam ini dibuat dengan proses fermentasi enzimatis yang mana tidak menggunakan mikroba dalam proses fermentasinya. Jadi, untuk proses fermentasinya ini menggunakan enzim fenolase yang sudah terkandung dalam teh. Proses ini juga berguna untuk mengoksidasi katekin menjadi senyawa antioksidan teaflavin dan tearubigin.

Untuk mendapatkan teh hitam cukup mudah. Kita bisa membelinya di hampir tiap toko atau supermarket. Selain aromanya yang harum, teh hitam ini juga kaya akan manfaat. Seperti halnya meningkatkan kesehatan jantung, terhindar dari dehidrasi, meningkatkan fokus, dan memberi efek relaksasi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini