Apa Saja Keunggulan Rangka Yamaha Deltabox yang Masih Digunakan Pada Motor Sportnya Hingga Saat Ini?

Yowan R
Jumat 15 September 2023, 15:01 WIB
Yamaha XSR 155, motor sport Yamaha yang menggunakan rangka deltabox (Sumber : yamaha-motor.co.id)

Yamaha XSR 155, motor sport Yamaha yang menggunakan rangka deltabox (Sumber : yamaha-motor.co.id)

LABVIRAL.COM - Rangka deltabox merupakan salah satu rangka Yamaha yang memiliki teknologi yang tidak bisa diragukan lagi. Bahkan, hingga saat ini rangka deltabox masih digunakan pada sebagian besar produk motor sport Yamaha, karena memang mampu meningkatkan efisiensi dan kestabilan.

Ilustrasi rangka deltabox YamahaIlustrasi rangka deltabox Yamaha (Sumber: yamahadeta.co.id)

Motor-motor sport Yamaha yang menggunakan rangka deltabox ini seperti Yamaha XSR 155 yang memiliki desain retro modern. Selain itu, Yamaha juga menggunakan rangka deltabox pada Yamaha MT-15 yang bergaya sport full fairing dan Yamaha Vixion yang merupakan pelopor motor Yamaha dengan rangka deltabox.

Saat pertama kali diciptakan, rangka deltabox ini memiliki tujuan untuk memperoleh kekakuan yang lebih sempurna, sehingga performa mesin motor Yamaha ini dapat ditingkatkan.

Rangka deltabox diciptakan dengan dasar teknologinya diambil dari motor balap YZR500 OW61 yang digunakan pertama kali tahun 1982. Teknologi deltabox Yamaha memiliki tingkat kekakuan hingga empat kali lipat. Tak hanya itu, material yang digunakan juga lebih ringan.

Setelah berevolusi beberapa kali, pada tahun 2002 Yamaha memunculkan deltabox ketiga yang dilengkapi dengan teknologi canggih, yaitu hydroformed construction frame.

Teknologi tersebut dapat meminimalkan banyak titik pengelasan. Sehingga, tingkat kekakuan pada rangka atau sasis meningkat hingga 30 persen. Jadi, sasis deltabox dapat memberikan stabilitas yang baik saat bermanuver dan juga lebih ringan.

Untuk keunggulan dari rangka deltabox ini, bisa kamu lihat selengkapnya di bawah ini:

Kuat

Rangka ini dirancang dengan kekuatan luar biasa dan kuat terhadap perubahan gaya. Hal ini memastikan motor kuat dan stabil saat dikendarai di jalan.

Ringan

Rangka deltabox dibuat ringan dengan menggunakan baja karbon. Hal tersebut membuat motor menjadi mudah dikendalikan.

Awet

Rangka deltabox dikenal awet karena bahannya. Bisa dipastikan motor tidak akan mengalami kerusakan rangka walau sudah lama digunakan.

Tampilan menarik

Desain yang unik membuat motor dengan rangka deltabox menjadi terlihat berkelas dan modern. Hal tersebut meningkatkan daya tarik visual motor.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini