10 Jenis Burung Hantu Beserta Makanan dan Juga Ciri Khasnya

Aci
Jumat 07 Juli 2023, 13:59 WIB
10 Jenis Burung Hantu, Makannya dan juga Ciri Khasnya (Sumber : Burung Hantu/istockphoto.com)

10 Jenis Burung Hantu, Makannya dan juga Ciri Khasnya (Sumber : Burung Hantu/istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Burung hantu merupakan salah satu spesies liar yang kadang juga dijadikan burung peliharaan. Meskipun termasuk sebagai spesies pemangsa, burung hantu tetap menjadi pilihan karena memiliki bentuk dan kebiasaan yang unik.

Burung hantu masuk kedalam keluarga burung pemangsa Strigiformes yang aktif di malam hari. kurang lebih terdapat 244 spesies burung di dunia.  Jika di Indonesia burung hantu sering dikaitkan dengan hal mistis ,di negara bagian barat burung hantu menjadi simbol kebijaksanaan.

Masuk ke dalam kategori hewan pemangsa karena burung hantu memiliki paruh yang tajam dan bengkok seperti seperti elang CHE, elang IBE, australian hobby atau falco subbuteo. 

Berikut Labviral.com ajak kamu mengenal jenis burung antu berserta ciri khas dan juga makanannya. Yuk disimak!

Baca Juga: Burung Jalak, Yuks Kenalan Lebih Dekat dengan Peliharaan Favorit Para Penikmat Kicau Mania

Burung Hantu Serak Bukit

Burung hantu serak bukit atau oriental bay owl dikenal sebagai burung wowo-wiwi oleh sebagian masyarakat Indonesia.  Burung hantu serak bukit memiliki ciri khas pada wajahnya, yaitu. hampir serupa dengan ular sendok ia juga memiliki bagian tubuh dimana atasnya berwarna coklat sedikit kemerahan dengan corak bintik hitam dan putih.

Burung hantu jenis ini lumayan aktif saat berburu pada malam hari, namun cenderung akan santai dan duduk atau rebahan saat siang hari.  Jenis Serak bukit lebih suka memangsa hewan-hewan kecil seperti katak, ular, tikus, kadal, dan serangga yang ukurannya lumayan besar.

Burung Hantu Celepuk Merah

Burung ini juga disebut Diterjemahkan dari bahasa Inggris-Burung hantu scops kemerahan adalah burung hantu yang ditemukan di Asia Tenggara. 

Burung hantu jenis Celepuk merah bisa temukan di berbagai wilayah Indonesia, yakni Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Burung jenis ini biasanya berhabitat di hutan dataran rendah.

Baca Juga: Daftar Harga Burung Murai Batu, Simak Ragam Jenis dan Juga Tips Merawatnya

Biasanya warna burung hantu jenis ini adalah kemerahan yang bagian atas berwarna coklat kemerahan dan memiliki corak strip hitam dan putih di bulunya.  Burung hantu jenis ini bisa dibilang lumayan langka ditemukan karena habitatnya yang semakin sedikit.

Burung Hantu Elang Eurasia

Burung hantu jenis elang Eurasia atau yang disebut juga merupakan jenis burung hantu yang memiliki ukuran tubuh terbesar di dunia.  Burung hantu jenis ini dapat Grameds ditemukan di sebagian besar wilayah Asia, Eropa, dan beberapa wilayah bagian Afrika utara. 

Burung hantu jenis elang Eurasian  memiliki karakteristik bentuk matanya yang berwarna orange mencolok dan jumbaian telinga yang memiliki bulu. Burung hantu elang Eurasia memiliki jumbai telinga yang khas, dengan bagian atas yang berbintik-bintik dengan warna kehitaman yang lebih gelap dan kuning kecoklatan. 

Sayap dan ekornya dilarang. Bagian bawahnya adalah buff warna yang bervariasi, bergaris dengan warna yang lebih gelap. Cakram wajah tidak terlalu terlihat dan mata oranye yang khas.

Baca Juga: Chord dan lirik lagu Burung Kutilang, Karya Ibu Soed

Burung hantu Beluk watu jaya

Burung hantu Beluk watu jaya merupakan salah satu spesies, asli endemik Indonesia. Burung hantu jenis ini memiliki ukuran yang lumayan kecil, panjangnya hanya mencapai 24 cm saja.

Biasanya beluk watu jaya memiliki warna bulu yang dominan merah bata dengan warna mata yang kecoklatan kekuningan-kuningan.  Burung hantu beluk watu jaya memiliki bentuk paruh burung hantu jenis ini sangat runcing dan berwarna hijau. 

Burung hantu Beluk watu jaya biasa tinggal di hutan dataran rendah yang lebih hangat.

Baca Juga: 5 Tips Perawatan Untuk Burung Kutilang yang Harus Kamu Perhatikan

Burung hantu celepuk gunung

Burung hantu celepuk gunung memiliki nama lain yaitu mountain scops owl. Mereka merupakan salah satu spesies burung hantu loka yang berhabitat di Indonesia. 

Burung hantu celepuk gunung juga bisa hidup di wilayah India, Bhutan, Nepal, Malaysia, Taiwan, dan Thailand. 

Jenis burung hantu ini bisa mengeluarkan suara yang unik karena bisa membentuk nada yang tinggi pendek, bahkan hampir serupa mirip seperti suara radar.

Burung hantu punggok cokelat

Burung hantu punggok coklat (Ninox scutulata) adalah spesies burung hantu dalam famili Strigidae. Burung ini tersebar luas mulai dari India di barat, ke timur melalui Asia Tenggara hingga ke Cina selatan, Kalimantan, dan Palawan, ke selatan hingga Pulau Jawa.

Burung hantu punggok coklat memiliki ukuran sedang dan tubuhnya didominasi oleh warna bulu yang kecoklatan. Penampilan burung hantu punggok coklat tampak seperti elang dengan warna bulunya yang gelap dan matanya yang bulat coklat. 

Burung hantu jenis ini biasanya memangsa serangga capung, kadal, kepiting, dan kelelawar.

Baca Juga: 5 Mitos Memelihara Burung Kutilang, Bisa Mendatangkan Cinta Lho!

Burung Hantu  Spotted Wood

Burung hantu spotted wood memiliki ciri bentuk wajah yang bulat, bulu yang berwarna orange dan paruh yang berwarna coklat tua ke abu-abuan. Kepala Burung hantu spotted wood berwarna coklat dan bulu keemasan dengan corak bintik putih hitam yang menyerupai batang di bagian tengkuknya. 

Seluruh bagian atas tubuhnya berwarna coklat kemerahan corak putih dan bermata hitam. Burung hantu yang satu ini menempati daerah terpencil yang sudah tidak berpenghuni seperti rawa-rawa dan hutan bakau di dekat pantai. 

Pada umumnya, spotted wood ada di hutan dengan area terbuka cukup luas, misalnya hutan jenis sekunder hijau, tepian hutan, perkebunan, dan taman-taman di pemukiman.

Spotted wood bisa berburu dengan bebas di wilayah terbuka maupun semi terbuka,  contohnya kebun buah-buahan dan daerah taman pemukiman. Burung hantu ini tersebar lumayan luas di beberapa wilayah, seperti Sumatera Tengah, Pulau Jawa, Bawean bagian Jawa Utara, Kepulauan Palawan, Burma Selatan, Thailand, Kamboja, Vietnam Selatan dan Semenanjung Malaya, dan Calamian di Filipina barat.

Baca Juga: Tips Merawat Burung Kutilang, dari Kebersihan Kandang, Mandi dan Berjemur

Burung Hantu Buffy Fish 

Jenis burung hantu buffy fish merupakan jenis burung hantu yang memangsa ikan, selain itu juga mengkonsumsi krustasea, katak, reptil, tikus, kumbang besar, kelelawar dan serangga. Bahkan burung hantu buffy fish juga suka mengkonsumsi bangkai-bangkai binatang.

Burung hantu jenis ini biasa ditemukan di wilayah hutan yang dekat dengan sumber air, namun tak jarang juga mereka tampak di sekitar tempat tinggal manusia.

Hutan bakau dan daerah pesisir lainnya juga bisa ditempati buffy fish. Burung hantu jenis ini dapat dikenali dengan karakteristik fisik yang cukup mencolok, yakni jumbaian telinga yang khas mengarah ke samping dan sangat kusut. Warna matanya kuning dengan kelopak mata yang hitam pekat.

Paruhnya hitam keabu-abuan. Warna pada bagian kepala sampai punggung umumnya biasanya coklat kehitaman, sedangkan warna kepala dan lehernya sama seperti pada bagian atas namun ujung bulunya tidak memiliki corak bintik.

Burung hantu buffy fish akan berlindung di siang hari dan memilih bertengger sendirian di tempat yang redup atau gelap, seperti pepohonan rimbun di dekat sarangnya.

buffy fish ada di benua Asia, India, Selatan Bangladesh, semenanjung Thailand dan Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Kalimantan dan pulau sekitarnya.

Baca Juga: 8 Keistimewaan Burung Merpati yang Sudah Lolos Tes Cermin

Burung Hantu Barred Eagle

Burung hantu barred eagle memiliki ciri karakteristik warna keabu-abuan yang terlihat seperti burung yang kotor.  Salah satu keunikan burung ini, yaitu terdapat pada bagian telinganya. Dimana telinganya memiliki jumbai yang panjang, miring ke luar, berwarna coklat kehitaman dan terlihat kusut. 

Burung hantu barred eagle, memiliki warna paruh pucat kuning yang berfungsi untuk memangsa serangga besar, reptile, burung, dan mamalia kecil. Burung hantu ini biasa berhabitat di hutan hijau dengan adanya sungai atau pohon-pohon besar.  

Itulah sebabnya burung hantu jenis ini bisa ditemukan di wilayah benua Asia, seperti Thailand Selatan, Sumatra, Kalimantan, Semenanjung Malaya, Bangka, Jawa dan Bali. 

Barred eagle termasuk sebagai burung nokturnal yang biasanya bertengger di siang hari sendiri atau berpasangan. Mereka lebih suka tersembunyi di pohon tinggi dengan dedaunan yang rimbun.

Baca Juga: Dikenal Pintar, Ini Dia Sejarah Burung Merpati POS Sejak Abad ke-20

Burung Hantu Brown Wood 

Burung hantu brown wood merupakan salah satu jenis burung hantu yang memiliki karakteristik wajah berwarna coklat kemerahan dan area kehitaman di sekitar matanya yang bulat. 

Burung hantu brown wood juga memiliki mata berwarna coklat tua dan paruhnya bertanduk kehijauan yang sedikit biru.

Burung hantu jenis ini memiliki karakter pemalu dan merupakan hewan nokturnal yang biasa memangsa tikus, burung-burung kecil, katak, reptil, ikan. 

Pada siang hari, burung hantu brown wood akan bergelantungan di batang pohon seperti kalong, jika ia diganggu siang hari ia akan menyerupai potongan kayu, namun matanya tetap memperhatikan sekitar dan akan pergi terbang jauh secara diam-diam.

Burung ini bisa sangat vokal di malam hari yang terang dengan cahaya bulan.  Burung hantu brown wood bisa ditemukan di wilayah Benua Asia, seperti Sri langka, India, Tiongkok dan Taiwan, selatan ke Jawa dan Kalimantan jika di Indonesia.

Baca Juga: Cara Melatih Burung Merpati Agar Bisa Mengirim Surat

Burung hantu Snowy 

Selaras dengan namanya, jenis burung hantu ini memiliki karakteristik bulu yang berwarna putih seperti salju. Memiliki panjang tubuh 63  sampai 73 cm dengan bobot mampu mencapai 2 kilo gram.

Untuk jenis jantan seluruh badanya berwarna putih salju, sedangkan betina memiliki warna putih dengan corak bintik -bintik. Burung hantu Snowy memakan mamalia kecil, burung,serta serangga di alam liar. 

Burung hantu Snowy berasal dari Amerika Utara dan beberapa di antaranya sering bermigrasi ke wilayah Kanada Selatan saat musim dingin tiba.

Jika kamu penggemar Harry Potter pasti tidak asing dengan Burung hantu yang satu ini, karena ia berperan sebagai sahabat sekaligus pengantar pesan pribadinya Harry Potter.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini